3 Cara Mendukung Perkembangan Karakter Anak, Tidak Sulit Kok

3 Cara Mendukung Perkembangan Karakter Anak, Tidak Sulit Kok

Perkembangan karakter merupakan aspek penting dari tumbuh kembang seorang anak. Sehingga, seyogyanya orangtua tidak hanya menitikberatkan pada kemampuan dan pertumbuhan fisiknya.

Sebab karakter memegang peranan bagaimana nanti sang Buah Hati mampu menghadapi dirinya sendiri serta orang lain dengan cara yang tepat. Terlebih lagi masa depannya merupakan dunia tanpa batas di mana ia akan bersosialisasi dengan banyak orang seluruh dunia.

Lalu, apa sajakah yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung perkembangan karakternya agar ia siap menghadapi dunia yang makin tanpa batas?

Karenanya Anda dapat membaca ulasan di bawah ini tentang berbagai cara untuk membantunya berkembang secara optimal.

Mendukung Perkembangan Karakter Anak

Sebenarnya pendidikan karakter tidak terlalu sulit dijalankan selama orang tua konsisten dengan apa yang yang ingin dibentuknya. Terlebih lagi jika berhubungan dengan nilai-nilai universal.

Oleh karena itu, perkembangan karakter seharusnya menjadi bagian juga dari bagaimana orang tua berusaha memahami anak dengan memberikan contoh sikap yang baik dan bersifat universal di rumah.

Adapun beberapa kesadaran di bawah ini dapat membantu orangtua untuk mendukung perkembangan karakter sang Buah Hati adalah sebagai berikut:

Jadilah Model Sikap yang Tepat dan Universal

Karakter bukanlah sesuatu yang bisa diperintah begitu saja tetapi harus ditunjukkan secara langsung. Oleh karena itu orangtua harus selalu menunjukkan sikap yang tepat sesuai dengan karakter yang hendak dikembangkan.

Hal ini dikarenakan anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tua dengan tepat. Sebab guru kodrati yang pertama adalah orangtua yang ia lihat dan dekat dengannya selama 24 jam sehari.

Bersikaplah Konsisten

Untuk mengembangkan suatu karakter tertentu maka Orang tua harus selalu bersikap konsisten. Artinya melakukan hal yang sama secara terus-menerus tanpa perkecualian. Sebab sering kali anak tidak memahami apa alasan di baliknya.

Lakukanlah Pembiasaan

Lakukanlah proses perkembangan karakter seperti pembiasaan sejak dini. Jika anda menginginkan anak untuk untuk mudah mengatakan terima kasih, maka selalu ucapkanlah hal ini setiap kali ada Kesempatan.

Mulailah dari hal-hal yang kecil. Nanti anak bisa melihat bahwa setiap keberhasilan atau bantuan yang diberikan oleh orang patut dihargai dengan dengan hal yang sederhana seperti ucapan terima kasih.

Jangan Memanjakan dimulai dari Hal-Hal Kecil

Sikap manja merupakan salah satu hambatan dari perkembangan karakter. Karena sifat sebaliknya adalah menyuburkan egoisme serta tidak mau tahu bagaimana seharusnya mempunyai sikap tenggang rasa.

Dan mengembangkan sikap manja maka anak secara perlahan akan mempelajari bagaimana caranya menjadi pribadi yang mandiri dan mampu memutuskan segala sesuatu sesuai dengan porsinya.

Dengan melakukan semua hal di atas secara konsisten, orang tua dapat mendukung perkembangan karakter anaknya hingga tingkat optimal. Jangan pernah bosan untuk selalu mendampinginya.  Hal ini dikarenakan  bagian perkembangan inilah yang perlu didampingi dengan kesabaran serta disiplin tinggi.