Gejala Migrain

Mengenal Gejala Migrain dan Rasa Sakit pada Kepala dari SehatQ.com

Saat ini, kondisi tubuh harus dijaga dengan baik mengingat ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Keadaan lingkungan yang semakin buruk ditambah dengan pola hidup tidak sehat semakin memperparah kondisi ini. Salah satu penyakit yang sering muncul yaitu migrain dengan gejala ringan hingga berat, berikut penjelasan selengkapnya:

Apa Itu Migraine?

Migraine merupakan kondisi neurological yang bisa menyebabkan berbagai gejala berbeda tetapi sering dicirikan dengan sakit kepala hebat. Beberapa gejala yang biasanya muncul yaitu mual hingga mengalami nyeri ketika ada cahaya terang atau suara keras. Penyakit ini bisa menyerang segala usia mulai dari orang dewasa hingga anak muda.

Ketika pergi ke dokter, gejala sakit kepala ini biasanya perlu memperhatikan riwayat kesehatan terlebih dahulu dengan gejala yang timbul. Secara umum, ada dua jenis sakit kepala ini yaitu yang lebih pada gejala umum dan juga gejala aura.

Wanita memiliki kemungkinan mengalami permasalahan sakit kepala ini lebih sering dibandingkan seorang pria. Paling sering penyakit ini menyerang di usia anak-anak hingga seseorang mulai memasuki usia remaja awal. Biasanya penyakit ini diturunkan melalui keluarga sehingga keturunan seseorang yang mengalami penyakit ini lebih beresiko.

Gejala Migraine

Ketika mulai menyerang, biasanya ada beberapa gejala yang muncul sebelum sakit kepala hebat menyerang. Dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan gejala prodrome yang dicirikan dengan kelelahan, sering mengantuk, dan leher kaku. Beberapa bahkan mengalami gejala kesulitan berbicara hingga kesemutan pada bagian wajah atau lengan dan kaki.

Setelah prodrome ada fase serangan yang biasanya memberikan rasa sakit luar biasa pada bagian kepala. Gejala migrain dan sakit kepala ini bisa muncul dalam kurun waktu berbeda, mulai dari beberapa jam saja hingga hitungan hari. Orang yang mengalami gejala ini biasanya terasa nyeri pada satu bagian sisi kepala baik itu di depan, belakang, kiri, atau kanan.

Gejala yang hadir pasca serangan atau disebut postdrome menimbulkan perasaan gembira tetapi seringkali terasa melelahkan. Intensitas dan panjang fase serangan pada setiap orangnya berbeda bahkan seringkali tidak mengalami sakit kepala sama sekali.

Rasa Sakit Migraine

Rasa sakit pada kepala yang muncul akibat penyakit ini dicirikan dengan denyutan pada kepala yang terasa seperti ketikan bahkan dilubangi. Beberapa mungkin mengalami rasa nyeri pada kepala yang parah dan ada juga yang rasa sakitnya mengalami peningkatan.

Paling umum biasanya rasa nyeri di dahi atau satu sisi kepala tetapi bukan tidak mungkin menyerang dua sisi maupun bergeser. Migraine paling umum terjadi dalam kurun waktu 4 jam saja tetapi ketika tidak mendapat pengobatan bisa hingga 3 hari bahkan seminggu.

Pemeriksaan Terkait Penyakit Ini

Sebelum mendiagnosis pasien yang disinyalir memiliki penyakit ini, petugas kesehatan biasanya akan memeriksa berbagai hal terlebih dulu. Biasanya dokter akan mendengarkan keluhan yang dialami pasien terkait bagaimana rasa sakit yang ada di kepalanya.

Setelah itu pengecekan dilakukan pada riwayat penyakit yang pernah dialami di dalam dokumen yang ada di rumah sakit. Ketika selesai, pengecekan dilanjutkan pada pemeriksaan fisik dengan menggunakan pemindai seperti CT scan atau MRI. Hal ini dilakukan guna mendeteksi penyakit lain seperti tumor, struktur otak abnormal, hingga stroke yang mungkin Anda alami.

Mengalami migrain merupakan pengalaman tidak menyenangkan yang bisa saja menyerang tubuh ketika sakit. Memahami info penyakit memang penting untuk upaya pencegahan dan pengobatan supaya lebih efisien. Berbagai hal terupdate tentang kesehatan dan penyakit terkini bisa Anda dapat dengan mudah di SehatQ.