7 Mineral dan Vitamin untuk Orang Tua Lanjut Usia

7 Mineral dan Vitamin untuk Orang Tua Lanjut Usia

Seiring bertambahnya usia yang ditandai dengan menurunnya kesehatan dan fisik orang tua. Termasuk kemampuan menyerap berbagai mineral dan vitamin. Dengan kondisi ini, akan membuat kekurangan nutrisi. Lantas apa saja mineral dan vitamin untuk orang tua yang dibutuhkan seiring bertambahnya usia? Simak daftarnya berikut ini:

1. Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk mendukung produksi sel darah merah. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam menjaga kesehatan fungsi saraf. Adapun makanan yang tinggi vitamin B12 meliputi: Ikan, daging merah, unggas, telur, susu, dan produk olahannya seperti keju atau yogurt.

2. Folat atau Asam Folat

Asam folat merupakan bentuk utama vitamin B yang berguna untuk mencegah anemia. Untuk mendapatkan asupan asam folat, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti sayur, buah, dan biji-bijian.

3. Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin untuk orang tua yang penting dalam mencegah osteoporosis, menjaga kepadatan tulang, dan mendukung penyerapan kalsium. Selain itu, vitamin D juga membantu melindungi Anda dari penyakit seperti: Diabetes tipe 1, reumatoid, radang sendi, sklerosis ganda, penyakit autoimun dan kanker.

Vitamin D bisa didapat dari ikan salmon, tuna, telur, sereal, susu, dan produk susu. Anda juga dapat dengan mudah mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Namun, kulit orang tua kurang efektif mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

4. Kalsium

Selain penting untuk kesehatan tulang, kalsium merupakan mineral yang bertanggung jawab atas banyak fungsi dalam tubuh. Menurut penelitian, kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko kerapuhan dan patah tulang.

Bagi Anda yang tidak memiliki kalsium, mineral ini bisa didapatkan dari makanan seperti brokoli dan kangkung. Selain itu, Anda juga dapat meminum susu rendah lemak sebanyak tiga kali sehari untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda.

5. Kalium

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dapat membantu menjaga kekuatan tulang Anda. Selain itu, asupan kalium yang cukup dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal dan tekanan darah tinggi.

Anda bisa mendapatkan kalium dengan mengonsumsi makanan seperti pisang, kentang, dan plum. Meski begitu, Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena kelebihan kalium dalam tubuh Anda bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

6. Magnesium

Magnesium adalah mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan Anda. Namun, orang dewasa yang lebih tua yang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti diuretik, cenderung kurang mampu menyerap magnesium.

Untuk mendapatkan cukup magnesium, dianjurkan untuk banyak makan makanan yang belum diolah seperti buah-buahan segar, sayur mayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

7. Serat

Makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayur mayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Selain itu, serat dikatakan dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung.

Itu dia 7 mineral dan vitamin untuk orang tua yang dibutuhkan seiring bertambahnya usia mereka. Namun, mengingat usia yang sudah tua, dan berkurangnya nafsu makan. Untuk mengonsumsi semuanya pastinya sulit. Untungnya, saat ini ada produk susu Nestle Nutren Optimum yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi lansia.