Contoh Industri Kreatif dengan Pangsa Pasar Kekinian

8 Contoh Industri Kreatif dengan Pangsa Pasar Kekinian

Industri kreatif atau ekonomi kreatif kini sedang merebak dimana mana. Cara kerjanya yang mudah serta fleksibel membuat pelaku industri semakin betah berada di dalamnya. Ada beberapa contoh industri kreatif dengan pangsa pasar kekinian yang bisa coba kamu lakukan.

Tidak melulu tentang keuntungan kamu juga bisa menemukan passion kamu saat terjun ke dalamnya. Bukan hanya berjualan, industri kreatif juga menembus ekonomi kerakyatan. Dimana sistemnya bisa memberikan dampak besar terhadap berbagai jenis kalangan.

Contoh Industri Kreatif

Berbasis kegiatan produksi dengan memanfaatkan kreativitas, ranah ini banyak digeluti oleh kaum milenial. Tidak heran bila banyak kedai bisnis dipegang oleh anak muda. Masih asing dengan istilah industri kreatif? Kamu mungkin akan langsung tergambar lewat beberapa contoh industri kreatif berikut:

  • Kerajinan Tembikar Lokal

Tembikar sering di anggap sebagai benda dengan nilai seni yang tinggi. Maka dari itu keberadaannya selalu di cari oleh kalangan atas. Selain itu tembikar juga masih banyak digunakan oleh masyarakat umun di Indonesia.

Manfaat tembikar yang beragam ternyata membuka peluang bagi para pelaku industri untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu contoh industri kreatif ini bisa juga diselami sekaligus memaksimalkan potensi daerah. Kemungkinan besar kamu juga tidak memerlukan modal usaha.

  • Industri Alat Musik Tradisional

Alat musik selalu jadi komoditas utama untuk menyalurkan hobi bahkan dipakai sebagai instrumen pendidikan. Bukan hanya alat musik kekinian, pendidikan formal juga memasukkan muatan lokal untuk mempelajari alat musik tradisional.

Banyak sekali usaha alat musik tradisional yang tidak mendapatkan perhatian layak sehingga usahanya mati. Lewat industri kreatif selain mengembangkan usaha perorangan tapi ikut juga melestarikan kekayaan seni lokal.

  • Industri Kuliner Instan

Paling mudah diolah dan dicampur dengan berbagai inovasi industri kuliner instan kini sangat banyak diminati. Melihat peluang ini kamu tentu bisa memberdayakan masyarakat sekitar untuk ikut memproduksi kuliner instan ala kreasi sendiri.

Tidak perlu takut akan pangsa pasar yang sempit justru industri kuliner bisa menembus kaca internasional. Alasannya sederhana, bayang penggiat makanan yang rela menyisihkan banyak uang untuk mendapatkan makanan walaupun harus dipesan lewat lintas negara.

  • Jasa Pembuatan Iklan Kekinian

Iklan jadi wadah untuk memasarkan produk pelaku industri. Namun siapa sangka pembuatan iklan untuk pemasaran industri ini banyak dimanfaatkan sebagai peluang industri kreatif kekinian. Kamu yang cakap dalam editan dan mengoperasikan kamera cocok berkecimpung di sektor ini.

Tidak memerlukan modal yang besar bahkan kamu bisa memulai industri kekinian ini dengan modal nekat. Perbanyak sampel iklan agar pasar yakin untuk menggunakan jasa yang sedang ditawarkan.

  • Industri Fashion Kekinian dengan Kain Etnik

Fashion menempati industri paling diminati selain kuliner. Bagaimana tidak, Fashion atau lebih dikenal dengan clothing merupakan kebutuhan mendasar manusia. Ditambah dengan merebaknya tren fashion membuat industri ini tambah berjaya.

Lain dari indusyri biasanya, kamu bisa memadukan fashion item kekinian dengan kain ethik yang sedang hype. Yang paling menarik, kamu bisa meraup keuntungan cukup besar dari penjualan fashion item unik ini.

  • Jasa Foto dan Videografi

Siapa sangka jasa mengabadikan momen berupa foto dan video juga bisa diolah jadi sebuah industri. Jasa foto dan videografi adalah sektor yang juga menjanjikan. Masyarakat Indonesia sendiri banyak yang meminati jasa ini. Kamu bisa memanfaatkan peluang menggiurkan ini.

Tidak perlu modal mahal kamu hanya perku skil mumpuni dengan kamera kesayangan. Kamu juga mengajak teman terdekat dengan keahlian serupa untuk membentuk industri yang lebih besar. Tidak perlu takut bersaing karena jasa ini dibutuhkan dimana mana.

  • Jasa Desain Digital

Iklan biasa direkam menggunakan objek asli berupa model dan produknya. Namun kini banyak yang beralih menggunakan desain 3D. Selain lebih menarik, tampilannya dinilai lebih fleksibel. Pembuatannya juga tidak memakan banyak anggaran.

Jasa desain digital kini jadi industri kreatif kekinian yang banyak dijalankan oleh anak muda. Siapa sangka hanya dengan berbekal kreativitas untuk menggambar secara digital kamu bisa membentuk industri yang cukup besar terlebih mendapatkan income yang besar pula.

  • Industri Desa Wisata

Terakhir ada industri kreatif berbasis pemberdayaan masyarakat berskala besar. Industri ini menggunakan masyarakat sekitar sebagai sumber dayanya. Berbagai sektor di dalamnya dimaksimalkan sedemikian rupa.

Mulai dari potensi wisata, potensi alam hingga potensi manusianya semua di gali dan dikembangkan. Tentunya dalam industri ini dibutuhkan pengetahuan dan kecakapan yang baik. Sehingga industri berbasis masyarakat ini juga bisa melatih kemandirian masyarakat setempat.

Masih banyak lagi contoh industri kreatif yang bisa diselami. Lakukan beberapa persiapan mendasar seperti persiapan modal, planing yang matang, hingga penyiapan sumber daya manusia yang mumpuni. Perlu di ingat, jangan takut untuk melakukan pembaharuan bila ingin berkecimpung di dalamnya.

sumber : https://www.kemenparekraf.go.id/

shares