Yuk Intip 5 Rekomendasi Menu MPASI Bernutrisi Bagi Si Kecil

Yuk Intip 5 Rekomendasi Menu MPASI Bernutrisi Bagi Si Kecil

Saat usia enam bulan, biasanya bayi mulai diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau yang lebih dikenal MPASI. Pemberian makanan ini bertujuan untuk memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan pada bayi. Pasalnya di usia ini, bayi mengalami pertumbuhan pada tubuh dan otaknya.

Untuk memberikan gizi yang seimbang, ada beberapa menu yang bisa disajikan dengan cepat dan mudah. Mulai dari karbohidrat, protein, dan lemak. Berikut merupakan lima rekomendasi menu MPASI pada bayi usia enam bulan yang bisa anda buat untuk membantu pertumbuhan Si Kecil secara optimal yang dirangkum dari https://merries.co.id/community-parenting/resep/8-rekomendasi-menu-mpasi-6-selama-sebulan-bikin-si-kecil-bernutrisi

5 Menu Makanan Pendamping Air Susu Ibu  Yang Sehat dan Bernutrisi Untuk Bayi

    1. Bubur Beras Campur Susu

Menu pertama yang mudah dibuat adalah bubur beras dengan susu. Untuk membuat makanan pendamping ini ada beberapa yang harus dipersiapkan. Anda hanya perlu 1,5 sendok makan tepung beras ditambah 50 ml ASI dan 150 ml air putih.

Setelah itu, campurkan semua bahan kendala panci bersama dengan air hingga mendidih dan matang. Kemudian tunggulah agar dingin, baru campurkan dengan ASI. Perpaduan bahan tepung beras dan ASI mencukupi kebutuhan karbohidrat Bayi.

    1. Nasi Tim Ikan Tuna

Menu nasi tim ikan Tuna adalah salah satu rekomendasi yang baik untuk MPASI 6 bulan. Anda bisa menyajikannya secara berselang di setiap Senin, Rabu, Jumat. Bahan untuk membuatnya pun sangat mudah. Siapkan ikan tuna satu rua jari, bawang bombai, beras putih satu genggam, seledri, jahe dan air. Masak nasi setengah matang, lalu masukkan bahan lainnya.

    1. Buah Yang Dihaluskan

Sebagai menu yang bisa disajikan saat sarapan, pilihlah buah atau sayur sebagai bahan utama. Anda bisa menghaluskan dengan manual menggunakan sendok makan bahkan menggunakan blender. Supaya tidak bosan, anda bisa mengganti variasi menu dengan beberapa buah seperti pir, pepaya, apel, melon, alpukat dan bahan lunak lainnya.

    1. Puree Wortel dan Jagung

Menu puree wortel dan jagung bisa disajikan sebagai makan siang. Selain itu, anda bisa menambahkan ubi sebagai kandungan karbohidrat di dalam menu ini. Cara membuatnya cukup mudah, kukus semua bahan lalu haluskan menggunakan blender.

    1. Puree Brokoli Dan Kentang

Selain buah, anda bisa menggunakan sayur sebagai menu pilihan. Membuat puree yang terdiri dari sayuran brokoli, kentang dan kaldu ayam. Hanya dengan mengukus dan menghancurkan sampai lembut, anda bisa menyajikan menu spesial ini bagi Si Kecil.

Dari ulasan di atas, anda akan mengetahui lima menu MPASI bayi yang mudah dibuat, seperti puree sayuran, buah dan nasi tim. Akibatnya, ketika mulai mengonsumsi makanan ini, kotoran lunak bayi biasanya akan bertambah banyak. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan popok bayi yang cocok seperti produk dari Merries.

shares