Gunakan E-logistik Untuk Memperluas Bisnis Anda, Begini Karakteristiknya

Gunakan E-logistik Untuk Memperluas Bisnis Anda, Begini Karakteristiknya

Perkembangan sistem belanja online atau yang dikenal e-commerce di Indonesia akhir-akhir ini mengalami peningkatan sangat tinggi. Pertumbuhan ini masih termasuk dengan komponen logistik. Sistem logistik pada e-commerce berkaitan erat dengan sistem eLogistik. Pada platform e-logistik, perusahaan penyedia hanya sebagai sarana pemasaran barang lalu mendata transportasi barang masuk dan keluar. Untuk pengiriman barang, mereka bekerja sama dengan perusahaan logistik.

Logistik tidak hanya berhubungan dengan pergudangan, tetapi mencakup pula manajemen inventori, pengemasan, tagihan, label, pengiriman barang, cash on delivery, pembayaran suatu produk, dan tentunya masih banyak lagi.

Tantangan ELogistik di Negara Berkembang termasuk Indonesia

  • Belum stabilnya sistem ekonomi
  • Infrastruktur belum optimal yang tidak hanya infrastruktur telekomunikasi tetapi juga akses website yang masih belum luas sehingga menghambat logistik elektronik.
  • Konsumen belum terlalu percaya atas privasi sistem eLogistik
  • Dalam pengiriman logistik masih cukup ada kendala misalnya jalur transportasi yang terkendala jalur perairan
  • Keamanan yang masih belum terjamin misalnya pengiriman barang ke daerah pelosok yang melewati bulak panjang karena rentan adanya begal atau perampok
  • Adanya geografis yang mengambat pengiriman logistik

Karakteristik Transaksi ELogistik

  • eLogistik tidak terbatas oleh jarak dalam transaksi

Dalam transaksi tidak dibatasi jarak. Seseorang dapat memasarkan produknya sampai pelosok negeri. Sangat berbeda dengan zaman dahulu, perusahaan kecil tidak dapat memasarkan produk hingga jarak yang sangat jauh. Dengan pemanfaatan akses internet dan situs website, eLogistik akan lebih mudah dijangkau dengan fleksibilitas waktu dan tempat yang tidak tertentu. Dimanapun berada dapat melakukan transaksi bahkan selama 24 jam tetap bisa dijangkau.

  • Transaksi disebut juga anonim karena tidak saling bertemu antara penjual dan pembeli

Penjual dan pembeli tidak pernah bisa bertemu kecuali hanya saling mengirim pesan lewat internet. Bahkan pada beberapa logistik sistem perpesanan sudah disetting secara otomatis. Jadi, ketika pelanggan mengirimkan pesan akan otomatis terjawab oleh sistem meskipun pengelola website tidak sedang online.

  • Produk barang yang ditawarkan tidak berwujud

Cukup banyak perusahaan e-logistik yang menawarkan barang tak tampak misalnya software, data maupun ide yang terjual lewat internet.

Manfaat Menerapkan Sistem ELogistik

  1. Layanan pelanggan meningkat
  2. Biaya dapat diminimalkan dan waktu pengiriman barang terpenuhi
  3. Membantu perusahaan yang masih berkembang dapat berhubungan dengan perusahaan logistik yang lebih besar

Perusahaan E-Logistik yang Terpercaya

Jika Anda pelaku bisnis, sebelum memilih perusahaan jasa logistik hendaknya pelajari dulu latar belakang dan badan logistik lebih dalam, jangan sampai salah pilih yang malah justru dapat membuat Anda bangkrut. Lembaga jasa logistik yang terpercaya salah satunya adalah Haistar. Haistar menerima kerja sama baik perdagangan awal atau yang masih baru maupun yang sudah berdiri lama. Oleh karena itu, untuk mengembangkan bisnis Anda ada baiknya bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa eLogistik.

shares