Aneka Ragam Alat Kopi Manual untuk Penikmat Kopi

Aneka Ragam Alat Kopi Manual untuk Penikmat Kopi

Sebagai pecinta kopi, mempunyai alat-alat pembuat kopi memang sebuah keharusan. Tak harus punya mesin kopi yang mahal kini ada alat seduh kopi yang memiliki harga terjangkau yang cocok digunakan di rumah. Berikut ini aneka ragam alat kopi manual yang enak dan mudah dan  bisa Anda gunakan di rumah.

  1. French Press

French press merupakan suatu alat kopi manual yang telah lama sudah menjadi dari bagian sejarah datangnya kopi. Memiliki bentuk yang elegan ditambah pula dengan cara pakainya yang simple, alat ini sering dipakai peminum kopi rumahan dan juga masih banyak digunakan oleh kedai kopi hingga saat ini.

Cara pemakaiannya sangat mudah. Anda tinggal menekan atau press kopi yang sudah diseduh sehingga ampas kopi bisa tersaring di bawah. Hasil minuman kopi  yang diperoleh dari seduhan menggunakan french press adalah seduhan tanpa ampas tebal seduhan, tanpa crema yang sangat cocok untuk menyuguhkan kopi-kopi single origin.

  1. Moka Pot

Alat pembuat kopi manual satu ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan teko untuk memasak air. Moka pot dapat membuat seduhan kopi dengan rasa yang pekat dan memiliki cita rasa seperti coklat. Namun, Anda harus menggunakan kopi bubuk yang sangat halus agar rasa kopi menjadi lebih nikmat.

Dibandingkan dengan alat seduh kopi yang lain, moka pot dapat digunakan dengan menggunakan kompor dan tinggal menunggu kopi keluar ke permukaan. Namun, alat ini memiliki kelemahan yaitu jangan sampai terlewat saat menyeduhnya karena bisa memberikan efek rasa terbakar pada hasil seduhan kopi.

  1. Vietnam Drip

Alat berbahan stainless steel ini tak kalah populernya dengan french press karena banyak digunakan oleh peminum kopi rumahan dan kedai kopi kelas atas. Alat ini biasanya disajikan bersama kopi yang Anda buat sambil menunggu tetesan kopi selesai penuh ke dalam gelas. Cara penggunaannya juga cukup simple dan hasil seduhan pekat bisa menjadi bahan pertimbangan yang bagus bagi penggiat kopi. Anda tinggal meletakan alat ini di atas cangkir kemudian kunci metal dikaitkan dengan cangkir, masukan kopi ke dalam saringan dan tambahkan air panas.

  1. Rok Presso

Alat satu ini adalah alat seduh kopi manual yang dapat digunakan untuk membuat espresso. Rok presso juga tidak menggunakan listrik dan sudah dilengkapi dengan portafilter. Alat ini biasanya direkomendasikan bagi Anda yang ingin membuat aneka kopi seperti cappucino, latte, dan mochacino.

  1. Siphon

Siphon memiliki bentuk atau desain yang futuristic. Alat ini bisa Anda gunakan untuk membuat kopi dengan metode vakum. Alat ini menjadi bagian dari suatu budaya kopi modern saat ini karena memiliki bentuk dan cara membuat kopi yang unik.

Proses pembuatan kopi dengan alat ini memang membutuhkan waktu yang sedikit lama karena menunggu tabung panas. Saat menggunakannya, jangan memanaskan tabung dengan suhu yang tinggi karena akan dapat menyebabkan bola tabung pecah.

Alat kopi manual memang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan alat pembuat kopi otomatis. Namun, untuk pembuatan kopi tentu saja alat manual tidak kalah dengan alat otomatis. Agar alat pembuat kopi manual awet, sebaiknya simpan alat-alat tersebut dengan baik.

shares