Jenis Coklat Sebagai Bahan Dasar Minuman Coklat

7 Jenis Coklat Sebagai Bahan Dasar Minuman Coklat

Coklat adalah bahan makanan yang berasal dari biji buah kakao. coklat memiliki berbagai manfaat, dari menurunkan risiko kardiovaskular hingga memperlancar peredaran darah. Varietas dan jenis rasa yang beragam membuatnya banyak digemari orang dari segala usia dan kalangan. Berikut ini adalah 7 jenis coklat sebagai bahan dasar minuman coklat.

  1. Couverture Chocolate

coklat ini sering disebut coklat yang paling asli di kalangan penggemar coklat. Jenis ini adalah yang mengandung chocolate mass dan lemak coklat asli. Rasanya cenderung agak pahit dan harganya juga lebih mahal. Mudah lumer di mulut dan rasanya lebih alami. Untuk penyimpanan dan perawatan coklat ini agak rumit sehingga nilai jual juga tinggi.

  1. Compound Chocolate

Komposisinya hampir sama dengan couverture, namun butter diganti dengan lemak nabati. Lemak tersebut berasal dari kelapa atau kedelai. Rasanya antara sedikit manis dan pure manis. Karena pemrosesan dan penanganan lebih mudah dari couverture, maka harganya juga lebih murah. coklat ini sering digunakan untuk dekorasi namun cocok untuk minuman.

  1. Coklat Tawar

Sesuai namanya, bahan coklat ini rasanya tawar atau sedikit hambar. coklat ini termasuk bahan utama dari pembuatan cake dan aneka makanan manis. Kadar kandungan kakao dalam coklat ini di antara 30 hingga 70 persen. Semakin tinggi kadar kakao semakin terasa murni dan enak rasa coklatnya.

  1. Coklat Susu

Merupakan coklat yang paling banyak dikonsumsi dan dinikmati. Terbuat dari campuran kako, gula, vanila, coklat cair dan susu. Dari segi rasanya lebih manis dibanding coklat tawar. Kadar kakao dari coklat ini cukup rendah, sekitar 20 persen. Karena merupakan jenis yang siap konsumsi, coklat ini cocok dijadikan camilan.

  1. Coklat Putih

Jenis ini tidak mengandung kadar kakao yang tinggi. Bahan pembuatannya dari lemak coklat, vanili dan gula. coklat ini juga tidak mengandung bahan coklat padat. Seperti jenis compound, coklat ini juga sering dijadikan dekorasi. Dapat menjadi variasi untuk hiasan selain coklat compound.

  1. Cocoa Powder

Jenis ini sesuai dengan namanya dan berbentuk bubuk. Terbuat dari kakao asli dan sebagian besar mengandung lemak coklat. Kelebihannya adalah tidak mengandung pemanis buatan. Cocoa powder yang alami berwarna coklat muda. Rasa dari coklat ini sangat kuat dan sedikit ada rasa asam.

  1. Dark Chocolate

Mengandung kadar pasta kokoa yang sangat tinggi. Warna hitam dari coklat ini berasal dari kandungan kokoa yang bisa mencapai 90 persen. Untuk rasanya cenderung pahit dan sedikit earthy. coklat ini dapat menjadi alternatif pembangkit mood dan semangat. Karena tidak mengandung pemanis buatan menjadikan coklat ini terasa lebih alami.

Berikut tadi adalah 7 jenis coklat yang dapat dijadikan bahan dasar minuman coklat. Beberapa jenis coklat tadi dapat Anda temukan di toko maupun pasar swalayan. Harga dari berbagai jenis coklat variatif dan tergantung pada bahan pembuatan dan kualitas.

shares