5 Daftar Makanan Pemicu Kolesterol yang Harus Dihindari

5 Daftar Makanan Pemicu Kolesterol yang Harus Dihindari

Salah satu pemicu kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak sehat. Maka dari itu, Anda harus mengetahui makanan pemicu kolesterol agar lebih selektif dalam memilih makanan. Terkadang, sebagian dari kita tidak mengetahui apa saja makanan yang menjadi pemicu kolesterol tinggi. Berikut daftar makanan yang memicu kolesterol yang harus dihindari.

  1. Makanan Cepat Saji dan Makanan yang Digoreng

Makanan cepat saji atau fast food dan gorengan adalah salah satu makanan pemicu kolesterol. Makanan tersebut diantaranya adalah ayam goreng, burger, kentang goreng, berbagai macam jenis kue lebaran dan berbagai macam gorengan yang mengandung lemak berbahaya bagi tubuh.

Lemak-lemak tersebut akan meningkatkan kolesterol jahat dan menyebabkan pengendapan di dalam pembuluh darah. Makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi juga akan meningkatkan terjadinya terjadinya risiko penyakit jantung.

  1. Makanan Berlemak

Makanan penyebab kolesterol tinggi berikutnya adalah makanan berlemak. Meskipun beberapa orang sudah tahu bahwa makanan berlemak merupakan sumber kolesterol yang tinggi. Makanan yang mengandung lemak berlebihan seperti santan akan sangat susah dicerna oleh tubuh.

Kandungan lemak berlebihan ini akan lebih banyak disimpan dalam bentuk jaringan di bawah kulit pada tubuh. Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi berbagai jenis santan selain santan. Jika tetap mengonsumsi berlemak dalam jumlah banyak maka dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh naik.

  1. Seafood

Sebenarnya seafood mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh apabila dikonsumsi dengan jumlah yang normal. Namun, apabila dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat karena seafood merupakan makanan penyebab kolesterol tinggi.

Udang, cumi dan kerang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan. Maka dari itu, Anda harus membatasi konsumsi seafood agar tubuh tetap sehat. Anda juga harus melakukan olahraga untuk menghindari kolesterol akibat makan seafood yang berlebihan.

  1. Daging Olahan

Sosis, bacon, ham, nugget dan daging asap adalah makanan yang terbuat dari daging olahan dan dapat menyebabkan kolesterol tinggi.  Maka dari itu, Anda harus membatasi mengonsumsi daging olahan.

Konsumsi daging olahan yang berlebih berkaitan dengan peningkatan angka penyakit jantung dan kanker tertentu, seperti kanker usus besar. Bahkan steak daging sapi juga merupakan salah satu makanan penyebab kolesterol tinggi. Jika Anda menyukai steak, ketika ingin makan steak pilihlah daging tanpa lemak yang kadar kolesterolnya lebih rendah, seperti bagian perut sapi.

  1. Makanan Asin dan Manis

Makanan yang terlalu manis tidak hanya menaikkan kadar kolesterol jahat, bahkan juga dapat memicu obesitas, serta menurunkan kolesterol baik. Oleh karena itu, makanan-makanan kemasan yang mengandung tambahan gula seperti kue kering, permen, soda, minuman berenergi, dan lain-lain sebaiknya Anda hindari agar tubuh tetap sehat.

Tak hanya makanan manis, makanan asin seperti kacang juga dapat membuat tekanan darah tinggi dan memicu kolesterol. Makanan asin yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan jantung yang cukup berbahaya.

Itulah daftar makanan pemicu kolesterol yang harus Anda hindari agar kadar kolesterol dalam tubuh Anda tetap normal. Mengubah pola makan dan dikombinasikan dengan olahraga yang teratur adalah cara aman untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun, apabila Anda mengalami gangguan kesehatan karena kolesterol tinggi segera konsultasi pada dokter.

shares