Tidak Perlu Panik, Begini Cara Mudah Mengobati Hidung Tersumbat Pada Anak

Tidak Perlu Panik, Begini Cara Mudah Mengobati Hidung Tersumbat Pada Anak

Salah satu masalah pernapasan yang umum diderita anak-anak adalah hidung tersumbat. Rasa tidak nyaman dan gatal dapat membuat kesulitan bernapas. Hidung tersumbat timbul akibat iritasi jaringan pembuluh darah hingga akhirnya membengkak.

Penderita biasanya jadi tidak bisa menghirup udara dengan optimal. Jika orang dewasa saja tidak nyaman dengan hidung tersumbat, apalagi anak kecil ‘kan Bun? Oleh karena itu, penanganan yang tepat sangat diperlukan. Tidak usah panik, ternyata caranya sangat mudah lho.

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Mudah dan Tepat

  1. Memberi ASI

Hidung tersumbat membuat si Kecil lebih banyak mengeluarkan tenaga untuk bernapas. Hal ini membuat tubuhnya lebih cepat kehilangan cairan. Solusinya adalah Bunda perlu memperbanyak asupan ASI untuk bayi agar proses pemulihan lebih cepat.

Biasanya, ketika hidung tersumbat bayi akan kesulitan menyusu secara langsung. Oleh karena itu, pemberian ASI bisa dengan menggunakan sendok kecil secara perlahan ya Bun.

  1. Memposisikan Bayi dengan Tepat

Hidung tersumbat membuat penderitanya sulit bernapas dengan lancar. Bayi akan kesulitan mengeluarkan lendir di dalam hidung apabila posisi tidurnya kurang tepat. Bunda bisa menegakkan posisi si Kecil saat tengah tidur maupun saat menggendongnya,

Jangan pernah biarkan bayi tengkurap saat menderita hidung tersumbat. Hal ini dapat membuatnya kesulitan bernapas. Oleh karena itu, penting sekali peran Bunda untuk memposisikan si Kecil dan memantau pemulihannya.

  1. Mandi Air Hangat dan Menjemurnya

Menderita hidung tersumbat bukan berarti si Kecil tidak boleh dimandikan lho Bun. Memandikannya dengan air hangat bisa menjadi solusi pemulihan hidung tersumbat. Namun, perlu diingat agar suhu air yang digunakan benar-benar sesuai.

Jangan pula terlalu lama memandikannya, cukup sekitar 15 menit saja. Air hangat bermanfaat untuk memulihkan rongga hidung dan paru-paru. Dengan demikian, si Kecil bisa mengeluarkan lendir sulit dikeluarkan.

Setelah mandi, jangan lupa menjemur badan si Kecil di bawah sinar matahari pagi. Banyak sekali manfaat berjemur, salah satunya adalah membantu proses penyembuhan hidung tersumbat.

  1. Memijat dengan Minyak Telon

Dirangkum dari https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/ternyata-ini-penyebab-hidung-tersumbat-pada-anak-dan-cara-alami-mengatasinya, paparan udara dingin dalam waktu lama juga bisa menyebabkan hidung tersumbat. Penggunaan minyak telon bisa menjadi solusi cepat yang praktis. Namun, Bunda perlu memilih minyak telon yang tepat untuk si Kecil.

Pastikan minyak telon tersebut terbuat dari bahan alami yang aman, lolos uji klinis, dan tidak terdapat zat kimia parfum.

Gunakan Sleek Baby Telon Oil untuk Gerakan Pijat yang Nyaman

Si Kecil bisa terus rewel karena hidung tersumbat yang dideritanya. Oleh karena itu, Bunda harus selalu siap siaga. Sleek Baby Telon Oil terbuat dari ekstrasi minyak kayu putih, adas, dan minyak kelapa dengan segudang khasiat.

Kehangatan minyak telon ini begitu pas dan dapat membuat si Kecil merasa nyaman tanpa kepanasan. Bagaimana cara mengaplikasikannya? Berikut langkah-langkah mudahnya :

  • Balurkan Sleek Baby Telon Oil pada bagian perut, dada, dan tangan bayi secara perlahan.
  • Lakukan pula gerakan menyilang pada dada si Kecil.
  • Oleskan sedikit demi sedikit dekat batang hidung bayi. Lalu gosok perlahan, jangan sampai terkena mata.
  • Setelah itu, oleskan pada bagian leher dan bagian belakang telinga bayi secukupnya.

Jika Bunda termasuk yang sering memberikan minyak telon untuk bayi, Sleek Baby Telon Oil juga tersedia dalam kemasan travel lho. Bentuk kemasan sudah dilengkapi tutup yang tidak mudah tumpah dan mudah dibuka.

Memberikan penanganan yang tepat pada hidung tersumbat pada dasarnya tidak sulit. Bunda tidak perlu cemas ketika si Kecil mengalami hal ini. Gunakan Sleek Baby Telon Oil untuk membuat pernapasan bayi normal kembali. Jangan lupa juga untuk menjaga asupan cairan si Kecil ya!

shares