Jenis-jenis Emas yang Umum Digunakan Dalam Investasi Jual Beli Emas

Jenis-jenis Emas yang Umum Digunakan Dalam Investasi Jual Beli Emas

Emas merupakan salah satu aset investasi yang sangat diminati bahkan perhiasan masyarakat juga memiliki nilai yang tinggi. Aktivitas Jual beli emas juga sudah lama dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ataupun sebagai pelindung aset. Hal yang tidak diketahui adalah emas dibagi menjadi beberapa jenis sehingga bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan investasi.

Jenis-jenis Emas

  1. Perhiasan

Perhiasan merupakan salah satu jenis emas yang sering digunakan sebagai investasi dan dianggap nilainya akan meningkat setiap tahunnya sehingga dapat dijual kembali nantinya. Namun sebenarnya investasi dalam bentuk perhiasan tidak terlalu menguntungkan. Hal ini dikarenakan perhiasan emas biasanya sudah dicampur dengan bahan logam lainnya serta membutuhkan biaya pembuatan yang besar.

Jumlah biaya ini tergantung pada berat gram emas pada perhiasan tersebut. Apabila semakin berat maka biaya pembuatannya juga akan semakin tinggi. Bentuk dan tingkat kerumitan perhiasan juga akan mempengaruhi harga pembuatannya sehingga perhiasan yang dibeli akan memiliki harga yang lebih mahal.

Sedangkan pada saat kita ingin menjual kembali perhiasan tersebut, biaya pembuatan tersebut sudah hilang atau dikatakan tidak akan dikenakan kepada pembeli. Nilai perhiasan akan dihitung berdasarkan berat dan kadar emas perhiasan saja. Hal ini membuat investasi perhiasan dapat merugikan dan memang lebih baik dijadikan sebagai perhiasan saja.

  1. Emas batangan

Emas batangan memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas perhiasan dikarenakan nilai investasinya yang stabil serta pembelian emas batangan juga akan dilengkapi dengan sertifikat sebagai jaminan keaslian yang terdiri dari informasi tingkat kadar emas, nomor id, ukuran, dan berat.

Emas batangan juga biasanya merupakan emas murni tanpa campuran apapun lagi dan tidak dikenakan biaya pembuatan seperti emas perhiasan. Di Indonesia, emas batangan dikeluarkan secara resmi oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dengan ukuran yang berbeda-beda serta kadar emas 999.9%.

  1. Emas koin

Emas berbentuk koin juga menjadi jenis emas yang diminati bahkan ada yang mengoleksinya sebagai barang antik yang berharga. Emas koin ini terdiri dari emas koin antik dan emas koin biasa di mana harga emas koin antik lebih tinggi. Bentuk investasi emas koin bahkan sudah ada sejak zaman dulu sehingga banyak emas koin antik yang sangat diminati saat ini.

  1. Emas digital

Kecanggihan teknologi membuat emas digital mulai diminati oleh masyarakat. Emas digital ini tidak memiliki bentuk fisik sehingga tidak memerlukan tempat penyimpanan fisik bahkan terdapat layanan broker forex agar bisa melakukan trading emas secara real time. Trading emas ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Salah satu platform yang menyediakan trading emas digital yaitu Sehatigold. Pembelian yang fleksibel yaitu mulai dari 0.01 gram membuat orang bisa melakukan investasi mulai dari nilai terkecil yang kemudian dikumpulkan menjadi banyak. Sehatigold bahkan memungkinkan emas digitalnya dapat diubah menjadi emas batangan dan logam mulia. Untuk harga emas hari ini yaitu harga beli Rp 851.382 dan harga jual Rp 810.053 per gram.

shares