Kerugian Jika Anda Lupa Ganti Oli Mesin Mobil

Ini 6 Kerugian Jika Anda Lupa Ganti Oli Mesin Mobil

Pemeriksaan kondisi mobil harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kondisi mobil tetap prima. Salah satu pemeriksaan yang harus dilakukan adalah pemeriksaan oli mobil Anda. Penggantian oli mesin harus dilakukan secara teratur sesuai jadwal. Berikut adalah kerugian yang harus ditanggung jika Anda lupa ganti oli mesin mobil.

  1. Kinerja Mesin Berkurang

Oli memiliki fungsi melumasi mesin dan menjadi pelindung mesin saat bekerja. Jika oli tidak diganti secara rutin maka kondisi oli akan semakin hitam, kotor, dan tidak bisa bekerja optimal. Akibatnya, mesin tidak punya pelindung dan pelumas yang memadai. Kinerja mesin pun jadi berkurang karena tidak ada pelumas.

Akibat oli tidak pernah diganti adalah tarikan mesin menjadi lebih berat dari sebelumnya. Selain itu, suara mesin juga akan terdengar menjadi lebih kasar. Jika oli tidak pernah diganti untuk jangka waktu yang lama maka bisa membuat mesin mobil sulit untuk dihidupkan.

  1. Boros Bahan Bakar

Oli tidak hanya berpengaruh pada kinerja mesin, tapi juga berpengaruh pada pemakaian bahan bakar. Jika oli mesin tidak pernah diganti maka tarikan mesin akan jadi lebih berat. Kondisi ini menyebabkan mesin butuh tenaga ekstra saat bekerja. Artinya, bahan bakar yang digunakan jadi semakin boros.

Mungkin Anda ingin berhemat dengan tidak melakukan penggantian oli, tapi malah jadi boros bahan bakar. Uang yang akan Anda keluarkan jadi lebih banyak. Anda harus melakukan pengisian bahan bakar lebih sering dari biasanya.

  1. Komponen Mesin Rusak

Penggantian oli mobil mungkin terdengar sepele namun fungsinya sangat besar. Jika oli tidak diganti maka kotoran pada oli akan terus menumpuk. Akibatnya, kotoran ini akan mengendap dan bisa berpengaruh pada komponen mesin mobil Anda. Tumpukan kotoran tersebut bisa merembet ke bagian-bagian mesin.

Kotoran oli yang tidak segera diganti dan dibersihkan juga bisa menimbulkan terjadinya penyumbatan. Penyumbatan ini akan mengganggu sistem sirkulasi oli. Kondisi ini akan merusak mesin jika tidak diatasi secepat mungkin dengan melakukan penggantian oli.

  1. Suhu Mesin Cepat Panas

Oli tidak hanya berfungsi sebagai pelumas namun juga membantu menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli bisa mencegah suhu mesin menjadi sangat tinggi. Jika oli tidak diganti secara rutin maka suhu mesin akan mudah panas. Kondisi ini tentu tidak baik jika terjadi terus-menerus setiap hari karena mobil selalu dipakai berkendara.

Oli mesin yang tidak pernah diganti akan memiliki kualitas yang buruk dan volumenya juga berkurang. Kemampuan oli untuk mendinginkan mesin juga menjadi tidak efektif. Jika suhu mesin terlalu tinggi atau overheat maka bisa terjadi kerusakan pada bagian yang lain. Bahkan bisa muncul asap dan kebakaran.

  1. Piston Tersangkut

Lupa ganti oli bisa berakibat fatal dan mengancam keselamatan Anda. Jika oli mesin tidak diganti secara rutin dan mobil tetap dipaksa untuk berkendara tentu akan terjadi akibat yang buruk. Salah satunya adalah piston yang tersangkut ke blok silinder.

Tugas oli adalah menjadi pelumas bagian piston. Gesekan piston dengan komponen lainnya pada mesin akan berjalan lancar jika ada oli sebagai pelumas. Namun, jika fungsi oli sebagai pelumas sudah menurun maka gesekan piston jadi tidak lancar. Piston bisa tersangkut dan menyebabkan mesin berhenti secara mendadak.

  1. Keluar Banyak Biaya

Kesalahan Anda mungkin sepele yaitu tidak melakukan penggantian oli secara rutin. Namun, akibat yang ditanggung sangat besar dan bisa merugikan diri sendiri. Salah satu kerugian yang paling terasa adalah Anda akan keluar banyak biaya. Oli mesin yang tidak diganti akan menimbulkan banyak kerusakan pada mesin mobil Anda.

Jika dibiarkan terus-menerus maka kerusakan mesin bisa menjadi semakin parah. Hasilnya, bisa saja mobil harus turun mesin dan biaya perbaikannya jadi sangat besar. Daripada harus mengeluarkan banyak uang, maka ingatlah jadwal penggantian oli mobil Anda secara teratur.

Ada banyak kerugian yang harus ditanggung jika Anda tidak mematuhi jadwal penggantian oli mesin mobil. Jadi, pastikan oli mesin mobil Anda diganti secara rutin sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Lakukan penggantian oli mesin mobil di bengkel ganti oli yang berkualitas dan bisa dipercaya.

shares