Mengenal Genset Diesel Serta Penggunaannya

Mengenal Genset Diesel Serta Penggunaannya

Ada banyak jenis generator set atau genset yang ada di pasaran, salah satunya adalah genset diesel. Genset ini adalah genset yang menggunakan bahan bakar solar. Dibandingkan dengan jenis genset lainnya, genset diesel memang terbilang lebih populer. Bahkan jenis genset ini paling banyak tersedia di tempat sewa genset.

Kelebihan Genset Diesel

  1. Harga dan Perawatan

Dibandingkan dengan genset lainnya, harga genset diesel memang terbilang lebih murah. Genset diesel memiliki umur simpan yang lebih lama dan biaya pengoperasian yang lebih rendah jika dirawat secara teratur. Selain itu karena bagian mesin genset diesel lebih sederhana, maka biaya perawatan pun lebih murah.

  1. Efisiensi Bahan Bakar

Salah satu keuntungan dari genset diesel adalah karena mesin diesel bekerja berdasarkan prinsip penyalaan sendiri. Hal itu menciptakan perubahan tekanan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin bensin yang menyala-nyala. Bahan bakar diesel juga memiliki titik nyala lebih tinggi sehingga menghasilkan pengurangan ledakan atau kebakaran.

Efisiensi tersebut juga dikarenakan hanya udara yang dikompresi dalam mesin pembakaran internal, jadi lebih sedikit menggunakan bahan bakar. Pemborosan bahan bakar juga lebih rendah jika dibandingkan dengan mesin bahan bakar lainnya. Untuk daya yang sama dengan kW yang dihasilkan, biaya bahan bakar mesin diesel sekitar 40% lebih rendah daripada mesin gas.

  1. Awet

Genset diesel stabil dan dapat menahan beban berat. Selain itu, genset jenis ini juga dapat beroperasi untuk jangka waktu lama dan kemungkinan kerusakan lebih kecil.

Kekurangan Genset Diesel

  1. Berisik

Kekurangan paling jelas dari genset diesel adalah mesinnya cukup berisik ketika dioperasikan. Tapi hal ini masih bisa diatasi menggunakan generator silent yang menggunakan ruang akustik untuk meminimalkan efek suara. Selain itu, mesin diesel genset ini juga menimbulkan asap dan bau yang tidak sedap.

  1. Pemasangan Lama

Waktu yang dibutuhkan untuk proses pemasangan lebih lama daripada mesin genset gas maupun genset lainnya. Hal ini pun menjadikan biaya awal untuk genset diesel mahal, tetapi sebenarnya bisa menjadi investasi yang bijak dalam jangka panjang.

Genset diesel sangat berguna dalam industri, perusahaan komersial dan kompleks perumahan karena berbagai keunggulannya. Anda dapat menyewa atau membeli generator diesel tergantung pada kebutuhan Anda. Jadi, kapan pun Anda membutuhkan sumber daya alternatif, Anda bisa menghubungi Sewatama untuk menyewa genset.

shares