Cara Servis Mobil Matic yang Baik dan Benar

6 Cara Servis Mobil Matic yang Baik dan Benar

Bagi Anda yang mementingkan kenyamanan saat berkendara, tentunya mobil matic menjadi pilihan untuk kendaraan pribadi Anda. Selain memberikan kenyamanan, mobil matic juga mudah dikendarai untuk pengemudi pemula.

Namun, transmisi yang lebih canggih tentunya haruslah dibarengi dengan perawatan atau servis mobil yang baik dan benar. Salah satunya menggunakan jasa montir panggilan. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui saat menyervis mobil matic.

  1. Ganti oli mesin

Oli mesin menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan karena berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan ketika berkendara.  Sehingga, mengganti oli mesin secara berkala menjadi hal utama yang diperhatikan ketika menservis mobil matic. Selain itu perawatan oli transmisi juga penting diganti dengan yang baru dengan jarak tempuh minimal 25.000 km hingga 50.000 km.

Jika saat servis Anda dianjurkan untuk menggunakan pelumas oli transmisi maka Anda harus mempertimbangkan juga. Ketika mengendarai kendaraan terasa berat maka disarankan untuk menggunakan pelumas transmisi agar pengalaman mengemudi Anda semakin meningkat.

  1. Cek Valve

Perlu diketahui bahwa mobil matic kerap mengalami kerusakan pada bagian gasket transmisi, mulai dari kebocoran atau kerusakan gasket. Karenanya Anda harus mengecek secara berkala saat servis kendaraan. Berbeda dengan kendaraan bertransmisi manual, mobil matic rawan terjadi kerusakan dan kebocoran pada Valve karena hentakan pada gas dan pemindahan gigi pada tuas.

Apabila mobil matic And baru saja terendam banjir, maka perlu adanya pergantian oli transmisi agar tidak merusak komponen mesin mobil lainnya. Karena air hujan bisa berisiko masuk ke dalam gearbox hingga menyebabkan mogok hingga macet pada gearbox atau transmisi. Tentunya akan menghambat momen berkendara Anda.

  1. Cek kinerja transmisi

Ketika mengecek kinerja transmisi, Anda bisa melakukannya dengan cara memindahkan tuas dari P ke D atau P ke R lalu lihat respons mobil. Jika mobil matic Anda merespons dengan cepat maka kinerja transmisi aman.

Namun jika merespons lambat maka ada masalah di sistem transmisi mobil sehingga perlu dibenahi segera. Selain itu, sebagai pengemudi, Anda diharapkan juga bisa lebih peka dengan masalah yang ada pada mobil matic Anda.

Salah satu cara untuk mengetahui hal itu ialah kerap menguji kendaraan di jalan. Caranya mudah, kendarai mobil matic Anda seperti biasanyanya lalu gunakan persneling mobil. Maka rasakan, apakah perseneling mobil berjalan dengan baik dan seksama?

Lalu, apakah mengeluarkan suara aneh saat perpindahan perseneling? Jika Anda mendengar suara berisik dan mobil berguncang saat memindahkan persneling, maka ada masalah pada transmisi mobil Anda.

Sehingga harus dicek berkala atau membawanya ke bengkel. Sebab, transmisi mobil yang bermasalah bisa berakibat fatal pada mesin dan komponen mobil matic Anda. Jika Anda belum yakin atau mampu mengecek kerusakan mobil, Anda bisa menggunakan jasa montir panggilan di Montir.id yang melayani segala permasalahan mobil termasuk servis mobil.

  1. Memanaskan mobil

Memanaskan mobil mungkin terdengar sepele, namun ternyata hal ini bisa berdampak besar untuk ketahanan mobil Anda. Minimal, Anda harus memanaskan mobil selama 15 menit sebelum digunakan.

Selain itu, jika Anda berencana pergi mudik atau tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama pastikan Anda menitipkan mobil ke orang yang tepat dan mau memanasi mobil selama 15 menit sekali setiap harinya.

  1. Servis

Menyervis mobil secara berkala adalah hal penting yang bisa dilakukan untuk menjaga performa, kenyamanan dan keamanan mobil matic Anda. Setiap jenis mobil memiliki waktu service-nya masing-masing. Dan dipengaruhi juga oleh pemakaian pengemudi.

Servis berkala menjadikan mobil matic Anda lebih awet bahkan memperpanjang usia mobil sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk perbaikan mobil dan lainnya. Jika Anda adalah orang yang memiliki ritme kerja tinggi hingga tak sempat untuk ke bengkel untuk servis mobil, maka menggunakan jasa montir panggilan adalah solusi tepat untuk Anda.

Montir.id menyediakan kemudahan dalam menyervis mobil Anda dimana pun dan kapan pun Anda berada. Selain itu, pelayanan yang diberikan pun juga sangat lengkap yakni mulai dari servis, ganti oli, kerusakan mesin, ganti ban, dan permasalahan-permasalahan lain yang dialami oleh mobil matic Anda. Selain itu, harga yang diberikan pun terjangkau sehingga tidak menguras kantong.

shares