Cara Membuat Stiker Yang Mudah

Cara Membuat Stiker Yang Mudah

Tentunya anda sangat familiar dengan yang namanya stiker? Stiker ini merupakan salah satu media promosi dan juga alat dekorasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan biayanya yang beragam dan relatif terjangkau, serta desain yang bisa mengikuti kreatifitas anda.

Pada umumnya pembuatan stiker ini akan diserahkan pada penyedia layanan jasa percetakan stiker, terutama bagi anda yang menginginkan cetak stiker dalam kuantitas besar dan atau ukurannya juga besar. Mulai dari cetak stiker kertas sederhana hingga cetak stiker vinyl yang melalui proses cutting atau yang dikenal dengan sebutan cutting sticker. Semuanya itu bisa anda serahkan pekerjaannya kepada penyedia jasa tersebut. Nah, bagi anda yang ingin membuat stiker berkualitas namun dengan harga yang terjangkau, anda bisa mencetaknya di Printerous. Dimana Printerous hadir untuk mengubah pengalaman mencetak menjadi lebih mudah serta efesien. Selain itu, Printerous menawarkan harga terbaik untuk produk kualitas tinggi, platform yang dibuat akan memudahkan anda untuk memesan produk cetak, dan anda bisa mencetak kapan pun dan dimanapun dengan mudah karena bisa dilakukan secara online.

Namun jka anda hanya menginginkan cetak stiker dengan kuantitas sedikit dan juga ukuran yang tidak terlalu besar maka anda bisa mencetaknya sendiri. Lalu bagaimana cara membuat stiker yang mudah? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Cara Buat Stiker Sendiri Dengan Mudah

Nah bagi anda yang ingin membuat stiker sendiri, tentunya anda tidak perlu menyediakan alat-alat seperti yang dimiliki oleh layanan digital printing, namun anda bisa menggunakan printer inkjet atau laser milik sendiri yang anda miliki di rumah atau kantor, serta beberapa alat sederhana lainnya. Berikut ini buat stiker sendiri menggunakan metode yang bisa anda sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Cara Buat Stiker HVS Sendiri

Alat-alat yang harus anda persiapkan adalah :

– Mesin printer inkjet atau laser ukuran A4 ke atas

– Kertas stiker bahan HVS ukuran A4 ke atas

– Kertas stiker transparan (opsional)

– Gunting, cutter, dan penggaris

– Komputer yang sudah terinstall software editing gambar seperti Coreldrawa, Photoshop dan lain-lain

Cara Membuat :

– Pertama edit desain stiker pada komputer menggunakan Coreldraw, Photoshop dan lain sebagainya. Buat juga garis tepian pada stiker agar mudah saat dipotong.

– Pastikan printer inkjet atau laser terhubung pada komputer dan sudah bisa untuk printing (driver sudah terinstal, bisa untuk nge-print biasa)

– Lalu cetak desain pada mesin printer yang sudah diisi dengan kertas HVS

– Sampai tahap ini, anda bisa langsung memotong stiker menggunakan pola garis tepian yang sudah ada, atau jika ingin lebih awet anda bisa melapisinya dengan stiker transparan terlebih dahulu sebelum dipotong.

– Pastikan saat melapisi stiker dengan bahan tarnsparan tidk ada gelembung dan sudah menempel dengan rapih

– Kemudian potong stiker mengikuti pola yang sudah anda buat.

– Selesai

Untuk membuat stiker dengan metode ini anda juga bisa menggunakan kertas HVS biasa yang bagian belakangnya (yang tidak dicetak) anda lapisi dengan double tape, namun keawetannya akan berbeda. Kalau anda melakukan dengan cara ini maka sebaiknya bagian permukaan tetap dilapisi stiker transparan atau laminasi.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara membuat stiker sendiri dengan mudah semoga ada guna dan manfaatnya.

shares