Ini Dia 7 Hal yang Harus Diterapkan untuk Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Ini Dia 7 Hal yang Harus Diterapkan untuk Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Sistem pencernaan dalam tubuh manusia pada dasarnya merupakan salah satu komponen terpenting di dalam menunjang kelangsungan hidup. Karena tugasnya sendiri adalah mencerna berbagai macam makanan yang masuk, menyerap zat-zat penting atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh, kemudian membuang sisa yang tidak lagi dibutuhkan. Sama halnya dengan organ tubuh yang lainnya, maka sistem cerna ini juga terdiri dari beberapa organ, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung hingga bagian usus.

Namun juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya berbagai macam masalah kesehatan juga rentan sekali menjangkiti sistem cerna manusia ini. Misalnya adalah keracunan, kemudian juga diare, hingga penyakit-penyakit yang sifatnya cukup serius, tentunya harus Anda waspadai. Mengingat nantinya hal ini sangatlah mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Bahkan semakin bertambahnya usia, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya saluran cerna manusia kemampuannya juga semakin turun, jadi mudah terserang penyakit.

Untuk itu pastikan Anda tahu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan saluran cerna dalam tubuh Anda, diantaranya adalah:

  1. Konsumsi makanan yang bersih, memastikan kebersihan makanan yang Anda konsumsi sangatlah penting, pastikan ia diolah secara benar sehingga tidak mengandung bakteri atau parasit yang memungkinkan untuk merusak sistem cerna. Karena sering kali penyebab masalah sistem cerna karena memang sembarangan di dalam mengonsumsi makanan, tidak melihat kondisinya terlebih dahulu.
  2. Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, minum dalam jumlah yang cukup ini nyatanya memang sangatlah penting, karena air sendiri pada dasarnya merupakan bahan yang bisa menghidrasi tubuh, juga digunakan sebagai sarana untuk membersihkan usus Anda. Kurang minum air pastinya akan menyebabkan masalah pada sistem cerna, termasuk diantaranya adalah sembelit atau susah buang air besar.
  3. Mengonsumsi buah dan sayuran, pastikan bahwa Anda melengkapi hidangan yang dikonsumsi sehari-hari dengan buah dan juga sayuran. Mengingat bagaimanapun bahan makanan yang satu ini mengandung serat didalamnya. Serat tersebut sangat berguna di dalam membersihkan saluran cerna manusia. Dapat mengobati berbagai macam masalah kesehatan termasuk diantaranya adalah wasir, sembelit hingga iritasi usus.
  4. Membatasi makanan yang tinggi kandungan lemaknya, patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya lemak dalam makanan ini akan menyulitkan atau memperlambat proses dalam mencerna makanan. Sehingga membuat Anda rentan sekali untuk terkena sembelit. Itulah mengapa sebaiknya jumlah yang dikonsumsi juga harus Anda batasi.
  5. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan probiotik, probiotik ini pada dasarnya adalah bakteri baik yang memiliki fungsi dalam meningkatkan sistem imuns tubuh, termasuk ikut memerangi bakteri jahat yang ada di dalam usus. Anda bisa mendapatkan prebiotik ini secara alami dari makanan hasil fermentasi, sebut saja diantaranya adalah tempe, yogurt dan sejenisnya.
  6. Olahraga secara teratur, olahraga ini pada dasarnya memang merupakan kunci hidup sehat, karena dengan rutin berolahraga ini sebenarnya membantu untuk menjaga makanan agar terus bergerak di sistem cerna manusia, juga mampu untuk mempertahankan berat badan Anda. Sebagai bonusnya maka olahraga tersebut juga bisa menjaga bentuk tubuh agar terlihat bagus.
  7. Hendaknya mulai meninggalkan kebiasaan buruk seperti diantaranya adalah mengonsumsi alkohol, kafein dan juga rokok, karena bagaimanapun zat-zat tersebut sebenarnya dapat mengganggu sistem cerna manusia.

Mudah untuk diterapkan, namun pastikan Anda harus disiplin dalam menjalankannya, sehingga nantinya pencernaan akan selalu sehat bahkan sampai usia tua, tidak mudah terserang penyakit saluran cerna.

shares