Empat Tahapan Mudah Menjadi Investor SBR

Empat Tahapan Mudah Menjadi Investor SBR

Investasi SBR Tanamduit – Salah satu investasi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berinvestasi pada Surat Berharga Negara. Saat ini yang sedang marak adalah Savings Bond Ritel atau SBR. Disebut ritel karena pembelian surat berharga negara ini bisa dibeli oleh individu atau perseorangan masyarakat Indonesia.

Bagaimana cara pembelian Investasi SBR?

Pembelian SBR sudah bisa dilakukan secara online pada platform e-SBN. Platform yang dibuat sebagai wadah pembelian ini cukup sederhana dan mudah digunakan. Untuk lebih memudahkan prosesnya, Kemenkeu menggandeng mitra distribusi yaitu tanamduit. Berikut adalah empat tahapan pembelian SBR di e-SBN.

  1. Melakukan registrasi

Calon investor harus mendaftar melalui salah satu mitra distribusi yang ditunjuk oleh Kemenkeu. Pada saat registrasi calon investor harus mengisikan data seperti: Nama, NIK, Nomor SID, Nomor Rekening, dan Password. Nomor SID yang dimaksud adalah Single Investor Identification yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Jika Anda tidak paham, Anda bisa menghubungi mitra distribusi yang Anda pilih.

  1. Membuat pemesanan

Setelah berhasil registrasi, maka calon investor akan ditunjukkan ketentuan dalam Momerandum Informasi. Bacalah dengan teliti apa saja yang tertulis pada ketentuan agar Anda semakin paham dengan investasi SBR ini. Selanjutnya, Anda mengisi jumlah nominal yang akan Anda pesan dan memasukkan password. Sayangnya, untuk pemesanan SBR hanya pada periode yang telah ditentukan dan tidak bisa setiap saat.

  1. Pembayaran SBR

Pemesanan yang telah Anda lakukan harus mendapat verifikasi terlebih dahulu setelah terverifikasi kode pembayaran (billing code) akan dikirimkan ke e-mail atau melalui SMS. Pembayaran bisa Anda lakukan sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan oleh mitra distribusi (ref: https://id.tanamduit.com/asuransi). Anda bisa membayar lewat atm, teller, atau yang lainnya pada waktu tertentu.

  1. Konfirmasi transaksi

Calon investor akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) saat pembayaran yang Anda lakukan berhasil. Dalam akun yang telah dibuat, akan muncul notifikasi completed order dan akan menerima alokasi atas SBR pada saat tanggal penerbitan yang telah ditentukan. Dan Anda sudah menjadi salah satu dari investor yang berinvestasi pada surat berharga negara.

shares