Mengabadikan Momen dengan Ilce 6400

Mengabadikan Momen dengan Ilce 6400

Kamu membutuhkan suatu alat yang bisa digunakan untuk merekam atau mengabadikan berbagai macam momen dalam kehidupan. Selain menggunakan kamera yang ada di ponsel, kamu juga bisa menggunakan kamera profesional seperti Ilce 6400 agar gambar yang dihasilkan lebih maksimal. Kamera yang dikeluarkan oleh Sony ini memiliki harga beli sekitar 13 juta rupiah. Namun, jangan khawatir, kamu bisa mendapat harga yang lebih murah ketika memutuskan untuk membeli kamera ini dalam kondisi second atau bekas.

Kamera ini memiliki banyak sekali fitur yang sangat memuaskan penggunanya. Fitur pertama yang menjadi andalan adalah banyaknya titik auto focus yang membuat kamera ini menghasilkan gambar yang luar biasa indah. Selain sangat ampuh untuk digunakan di ruangan yang penuh dengan cahaya, auto focus di kamera ini juga bisa digunakan dalam ruangan yang minim cahaya. Jadi, meskipun kamu sedang ada di ruangan yang redup, gambar atau hasil foto yang tersimpan akan memiliki kualitas yang mengesankan.

Selain memiliki kualitas auto focus yang lebih baik bila dibandingkan dengan kamera lain di kelas yang sama, kamera dari Sony ini juga memiliki tingkat noise yang cukup sedikit. Hal itu dikarenakan rentang iso yang ada dalam kamera lebih lebar daripada kamera yang lainnya. Semua kecanggihan yang ada dalam kamera tentu saja tidak akan memberikan banyak efek bila digunakan dengan cara yang sembarangan. Karena telah dibantu dengan teknologi yang ada, kamu perlu menyesuaikan teknik fotografi meskipun itu dasar.

Teknik fotografi dasar

Dalam fotografi, ada berbagai macam teknik yang perlu diketahui. Bila kamu masih pemula dalam bidang ini, lebih baik pelajari dan pahami dulu teknik dasar yang ada. Melakukan hal tersebut tentu saja akan sangat memudahkanmu dalam proses pengambilan foto ataupun video di kemudian hari.

  1. Segitiga exposure

Hal dasar yang perlu kamu pelajari adalah segitiga exposure. Segitiga exposure merupakan istilah dalam dunia fotografi yang merujuk pada gabungan iso, diafragma dan shutter speed. Iso adalah kemampuan kamera dalam menangkap cahaya yang ada. Shutter speed adalah lama waktu lensa membuka untuk mendapat cahaya dan kembali menutup. Semakin cepat kamu mengatur shutter speed, maka akan semakin sedikit cahaya yang bisa ditangkap sehingga gambar akan menjadi lebih gelap. Selain itu, diafragma atau juga bisa disebut dengan aperture adalah kedalaman foto atau video yang nanti diambil. Kedalaman foto bisa pula disebut dengan depth of field. Gabungan ketiga komponen yang telah dijelaskan akan membuat fotomu menjadi lebih bagus. Bila kamu ingin mendapat foto dengan cahaya yang normal, kamu perlu menyesuaikan ketiganya agar mendapat hasil foto yang pas. Namun, hal yang berbeda bila kamu ingin mendapat hasil foto dengan konsep tertentu.

  1. Komposisi

Selain segitiga exposure, kamu juga perlu memerhatikan komposisi dari objek yang ada dalam foto. Pada dasarnya, seorang fotografer akan mengikuti aturan yang disebut dengan rule of third. Aturan ini adalah menempatkan objek pada salah satu titik hasil dari potongan empat garis vertikal dan horizontal. Penempatan objek mengikuti aturan ini akan menghasilkan foto atau video yang layak untuk dikoleksi. Namun, tentu saja komposisi fotografi tidak hanya terbatas oleh aturan ini. Ada banyak komposisi lain yang bisa dipelajari dan dieksplor lebih dalam.

Itulah fitur kamera dengan teknologi keren dan sedikit teknik dasar dalam fotografi yang perlu kamu ketahui. Akan lebih baik bila kamu langsung melakukan praktik atas ilmu yang telah kamu pelajari.

shares