Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid Saat Hari Pertama

Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid Saat Hari Pertama

Menstruasi merupakan kondisi yang serig dialami oleh para wanita setiap bulannya. Kondisi ini terjadi karena luruhnya lapisan dinding bagian dalam yang mengandung pembuluh darah karena sel telur yang tidak dibuahi. Sehingga dari dinding rahim akan mengeluarkan darah menstruasi. Siklus menstruasi umumnya terjadi setiap 28 hari. Namun pada beberapa wanita, siklus yang dialami bisa lebih cepat atau bisa juga lebih lambat dari waktu tersebut.

Nyeri haid (dimenore) sering sekali menjadi keluhan beberapa wanita saat mengalami hari pertama datang bulan. Kondisi ini tak jarang membuat wanita tidak bisa melakukan aktivitas apapun dan hanya bisa tiduran di kasur sambil menahan rasa sakit. Penyebab nyeri haid hari pertama ini bisa dikarenakan terlalu banyak zat kimia prostaglandin dalam tubuh sehingga menyebabkan kontraksi rahim (iskemia otot rahim). Selain itu juga disebabkan oleh faktor hormonal dimana hormon progeteron dapat memperbesar ketegangan mulut rahim, endometriosis, infeksi pada organ reproduksi wanita yang disebabkan oleh penyakit kelamin yang menular dan tidak segera diatasi (Pelvic Inflammotory Disease/ PID), dll.

Agar nyeri haid tidak mengganggu aktivitas Anda, maka perlu melakukan berbagai carai untuk mengatasinya. Berikut ini cara-cara mudah yang bisa Anda lakukan:

  1. Memperbanyak konsumsi zat besi, seperti sayur bayam, kacang-kacangan, ubi merah, dll.
  2. Mengkompres dengan air hangat pada perut bagian bawah yang mengalami nyeri haid.
  3. Melakukan gerakan yoga yang mampu mengurangi nyeri haid, seperti gerakan Cat Pose.
  4. Berbaring sejenak.
  5. Mengkonsumsi obat pereda nyeri.
  6. Menggunakan produk iFree (sumber : https://ifreeindonesia.com/).

Bagi yang belum tahu, iFree merupakan pad terapi hangat yang mampu membantu mengurangi nyeri haid (dismenore). Dengan penggunaannya yang super praktis, dengan tinggal ditempel saja pada bagan yang diinginkan akan lebih mudah dan efektif mengurangi rasa nyeri atau kram saat haid. Dilengkapi dengan OxyHeat, proses alami yang mampu menimbulkan efek hangat seketika saat pad terpapar udara (saat sudah dibuka kemasannya), bertahan hingga 8 jam sangat recommended untuk mengurangi keluhan nyeri haid.

shares