Dokter Spesialis Anak

Intip Peranan Penting Dokter Spesialis Anak yang Jarang Diketahui Orang

Dokter spesialis anak atau dalam dunia medis lebih dikenal dengan ahli pediatri merupakan dokter yang mempunyai fokus mengenai kesehatan fisik, mental dan tumbuh kembang anak-anak. Untuk mendapatkan gelar dokter spesialis tersebut, Anda harus menyelesaikan study sebagai dokter umum, kemudian menempuh study dengan melanjutkan program pendidikan dokter spesialis di bidang ilmu kesehatan khusus anak. Umumnya seorang dokter yang memiliki profesi yang satu ini telah terlatih untuk mendiagnosis, mencegah maupun mengobati berbagai jenis penyakit atau gangguan kesehatan yang sering terjadi pada usia anak, remaja dan mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Seorang dokter spesialis juga diberikan kuasa untuk memberikan rujukan jika pasien yang diperiksanya membutuhkan jenis perawatan dari dokter spesialis lain. Misalnya ke dokter bedah, jika anak tersebut membutuhkan tindakan operasi dalam penyembuhannya. Dokter ini juga akan menentukan jenis penanganan yang paling tepat untuk si kecil, seperti cukup dengan rawat jalan atau harus di rawat inap. Selain itu, masih ada beberapa peranan penting lain dari dokter spesialis ilmu kesehatan anak seperti berikut ini, antara lain:

  1. Dokter ini memiliki tanggung jawab penuh untuk urusan imunisasi anak, seperti jenis imunisasi apa saja yang terbaik, kapan waktu yang tepat untuk imunisasi, mulai dari si kecil pertama kali di beri imunisasi sampai selesai masa imunisasi tersebut.
  2. Dokter spesialis ilmu kesehatan anak juga memiliki kewenangan untuk memberikan evaluasi mengenai semua perubahan baik dan buruk yang terjadi selama masa pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda.
  3. Semua bayi yang terlahir dengan kondisi prematur umumnya akan sangat akrab dengan dokter spesialis ini karena semua jenis penanganan dari lahir sampai remaja yang diperlukan akan di putuskan langsung oleh dokter tersebut.
  4. Peranan selanjutnya yaitu dokter ini akan bertanggung jawab pada anak yang terdeteksi memiliki gangguan mental tertentu, seperti hambatan yang terjadi selama tumbuh kembang, kemungkinan stress atau depresi pada usia remaja dan rasa cemas berlebihan.
  5. Dokter spesialis anak juga akan menangani berbagai macam kondisi yang mungkin terjadi pada usia anak sampai remaja, seperti jenis cedera fisik, kelainan genetik, masalah gizi dan nutrisi sampai diagnosis penyakit serius.

Masa tumbuh kembang anak merupakan fase yang sangat penting bagi para orangtua untuk membentuk pribadi baik secara fisik maupun mental. Oleh sebab itu, pada masa ini , buah hati harus memiliki perhatian lebih dari segala aspek terutama mengenai pertumbuhan dan kesehatan. Ada berbagai kondisi yang dapat terjadi pada si kecil seperti sakit ringan, gangguan kesehatan tertentu bahkan kondisi mental yang tidak wajar dan sebaiknya Anda antisipasi sedini mungkin dengan membawanya kontrol secara rutin ke dokter spesialis ilmu kesehatan anak.

Tips penting yang perlu Anda lakukan sebelum membawa si kecil ke dokter spesialis anak adalah dengan mencatat semua keluhan dan gangguan yang terjadi sebelum kontrol. Umumnya karena terlalu panik, sebagian orangtua lupa apa saja keluhan yang akan disampaikan setelah sampai di ruangan dokter. Hal ini penting karena akan sangat membantu dokter spesialis ilmu kesehatan anak tersebut saat mendiagnosa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi dan jenis penanganan paling tepat untuk si kecil. Kesehatan merupakan hal terpenting yang harus bunda perhatikan sehingga melakukan konsultasi dengan dokter spesialis ilmu kesehatan anak adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan.

shares