Tips-tips Penting Sebelum Kamu Memutuskan Sewa Rumah

Tips-tips Penting Sebelum Kamu Memutuskan Sewa Rumah

Menyewa rumah adalah hal yang biasa dilakukan buat orang-orang yang belum bisa memiliki rumah sendiri, sekedar menunggu rumah milik sendiri di bangun, atau karena alasan tertentu lainnya. Tapi tidak jarang rasa bingung melanda saat akan memutuskan sewa rumah. Bukan hanya dari faktor keuangannya saja, tapi karena takut salah memilih hunian yang akan disewa nanti.

Memang ada beberapa poin yang harus kamu pertimbangan sebelum memutuskan menyewa rumah. Agar kamu tidak menyesal, berikut beberapa tips penting yang bisa kamu terapkan.

  1. Sesuaikan anggaran

Sebelum kamu memutuskan menyewa rumah, sebaiknya kamu perhatikan dulu berapa anggaran yang kamu punya. Kamu harus menghitung dulu berapa biaya sewa yang bisa kamu bayarkan tiap bulan atau per tahunnya. Cara menghitungnya gampang saja, biaya yang dibayarkan jangan sampai melebihi 35% dari gaji kotor kamu atau gaji sebelum pajak.

Kalau gaji per bulan kamu Rp 5 juta, jadi perkiraan biaya bayar sewa rumah per bulan tidak boleh melebihi batas Rp 1,75 juta. Berbeda kalau kamu menyewanya dengan pasangan atau orang lain. Kamu bisa tambahkan anggarannya untuk menyewa rumahnya.

  1. Survey

Biasanya kalau melihat iklan sewa rumah di media cetak atau media online, foto yang dipajang adalah foto-foto yang bersih dan rapi. Meski begitu, jangan gampang tertipu. Sebaiknya kamu lakukan survey secara langsung ke rumah yang mau dituju. Dengan mendatanginya langsung, kamu bisa tahu tampakan luar dan dalamnya bagaimana.

Pastikan kamu mendapatkan rumah yang rapi, bersih, dan tidak bermasalah dengan tetangga sekitar. Kamu bisa bertanya langsung ke pemilik rumahnya atau bisa mencari informasinya dari tetangga-tetangga sekitar. Selain itu, kamu juga harus memastikan kalau rumah sewanya apakah dekat dengan fasilitas, seperti toko atau minimarket, tempat kamu bekerja atau kuliah, dan sebagainya.

  1. Pastikan pemilik rumah gampang dihubungi

Salah satu penyebab orang menyesal menyewa rumah adalah pemilik rumah susah dihubungi. Saat rumah sedang ada masalah, seperti genteng bocor atau hal-hal lainnya, tentu kita harus menghubungi pemilik rumah agar segera diperbaiki. Tapi, karena susah dihubungi, tentu kendala itu menjadi susah diatasi.

Karena itu, kamu harus mencari pemilik rumah sewa yang gampang dihubungi. Jadinya kalau ada terjadi apa-apa dengan rumahnya, kamu bisa segera menghubunginya untuk menginformasikan keadaannya.

  1. Buat surat perjanjian

Surat perjanjian sangat penting kamu buat. Tentu saja isinya mencantumkan peraturan-peraturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan kamu saat menyewanya. Pastikan kamu menyepakatinya bersama dengan pemilik sewa rumah. Buatlah secara detail agar kamu dan pemiliknya tidak terjadi kesalahpahaman.

Jangan lupa tanda tangani dengan memakai materai agar bisa mengurangi resiko kecurangan yang terjadi di antara kedua belah pihak.

Saat kamu sudah mendapatkan sewa rumah, pastikan kamu menjadi penyewa yang baik dan bertanggung jawab. Jangan membuat masalah dengan tetanggamu atau merusak bagian-bagian atau barang di rumah yang kamu sewa. Dengan begitu, pemilik bisa mempercayai rumahnya ke kamu.

shares