Cara Mengatasi Rambut Kering

Cara Mengatasi Rambut Kering yang Aman, Tanpa Harus ke Salon

Rambut kering adalah salah satu persoalan yang sering dialami karena memang banyak faktor penyebabnya, seperti sinar matahari, debu, kurangnya nutrisi, dan perawatan yang kurang tepat. Ciri rambut kering ini adalah kasar, kaku, mudah rontok, dan bercabang. Cara mengatasi rambut kering ini harus dipahami dengan serius. Lakukan beberapa cara aman yang efektif dan tidak ribet.

  1. Keramas dengan Sampo yang Tepat

Perawatan rambut harus diperhatikan guna menjaga rambut tetap sehat dan terhindar dari berbagai persoalan. Akan tetapi, banyak penyebab gangguan kesehatan rambut yang sulit dihindari hingga menyebabkan rambut rusak. Salah satu fenomenanya adalah rambut kering. Aktivitas di luar yang menyebabkan rambut terkena debu dan sinar matahari sangat berisiko membuat rambut kering.

Cara mengatasinya adalah dengan pemakaian sampo yang tepat. Nutrisi dalam sampo akan memperbaiki sel-sel rambut yang rusak. Pemakaian sampo khusus rambut kering akan mengembalikan kondisi rambut menjadi sehati seperti semula. Rambut akan kembali sehat, kuat, dan bahkan tampak berkilau.

  1. Menghindari Air Panas untuk Merawat Rambut

Mandi menggunakan air hangat memang membuat tubuh rileks. Akan tetapi, jangan terapkan air hangat untuk membersihkan rambut. Anda harus menghindarinya. Mengapa? Air panas atau hangat akan membuat sel rambut dan kulit kepala menjadi kering. Sel rambut juga bisa rusak jika airnya terlampau panas. Untuk itu, tetap gunakan air bersih biasa saja.

  1. Rutin Menggunakan Kondisioner

Kondisioner sangat direkomendasikan dipakai secara rutin setelah keramas. Efeknya sangat baik untuk mengembalikan kondisi rambut kering menjadi sehat kembali. Formula yang terkandung dalam kondisioner mampu menutrisi sel kulit kepala dan rambut agar lebih sehat. Rambut yang semula kering dapat terhidrasi dan menjadi lembut dengan pemakaian kondisioner.

  1. Teratur dalam Membersihkan dan Menyisir Rambut

Rambut kering umumnya disebabkan oleh faktor luar, seperti debu dan sinar matahari. Perlakuan pada rambut yang salah, seperti pemakaian alat stylish rambut dan cat rambut bisa menyebabkan rambut kering karena efek panas dan bahan kimia.

Untuk itu, rajinlah dalam membersihkan rambut kering dengan rutin keramas agar rambut terhidrasi dan memperoleh nutrisi. Rambut juga bisa kembali bersih dan lembut. Anda juga tidak boleh malas menyisir rambut. Sisirlah rambut dengan sisir yang bersih agar tetap tertata rapi dan tidak mudah berminyak. Anda bisa menyisirnya setiap pagi, sore, dan malam menjelang tidur.

  1. Menghindari Hair Dryer dan Alat Stylish Rambut

Efek panas yang berasal dari hair dryer dan alat stylish rambut dapat menyebabkan rambut kering. Jika rambut Anda sudah kering, maka hindarilah kedua alat tersebut. Biarkan rambut Anda kering secara alami tanpa hair dryer.

Hindari juga treatment rambut dengan alat stylish yang memberikan efek panas perusak sel rambut. Tujuannya demi memperbaiki sel rambut agar kembali sehat dan kuat. Kerontokan rambut juga bisa dihindari, sehingga persoalan rambut kering bisa cepat diatasi.

  1. Menggunakan Masker Rambut Alami

Masker rambut alami sangat direkomendasikan untuk memperbaiki sel rambut dan kulit kepala. Anda bisa memakai masker alpukat atau lidah buaya untuk meregenerasi sel rambut. Rambut juga bisa kembali sehat, kuat, lembut, juga berkilau. Semua itu berkat kandungan nutrisi yang berasal dari bahan alami tersebut.

  1. Menggunakan Serum Rambut

Perawatan rambut kering harus dilakukan secara intensif. Pemakaian serum rambut juga harus diterapkan dengan baik. Serum ini mengandung nutrisi yang mampu memperbaiki kondisi rambut kering menjadi lebih sehat dan kembali seperti semula. Serum ini bisa digunakan dalam jangka waktu 1-2 minggu sekali.

  1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi termasuk dalam rangkaian perawatan rambut kering secara internal. Anda bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, protein, dan mineral yang mampu memperbaiki rambut kering. Makanan mengandung vitamin C, vitamin E, protein, kalium, dan berbagai mineral lainnya sangat dianjurkan, seperti jeruk, alpukat, tempe, tahu, dan sebagainya.

  1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kelancaran metabolisme. Tubuh yang mendapatkan suplai air cukup akan tetap terhidrasi dan tidak mengalami dehidrasi. Fenomena rambut kering yang termasuk masalah dehidrasi bisa diatasi dengan mengonsumsi banyak air putih sesuai porsi yang dianjurkan. Upaya secara internal ini efektif kembali mengatasi rambut kering.

Tanpa harus ke salon, Anda bisa memperbaiki rambut kering dengan beberapa perlakuan di atas. Upaya perawatan yang rutin dan tepat akan efektif mengatasi rambut kering. Cara mengatasi rambut kering tidak harus ribet sampai harus ke salon. Rambut kering bisa kembali sehat, kuat, dan lembut dengan penanganan alami yang rutin. Tetap hindari penyebab rambut kering.

shares