Makna Jadwal Imsakiyah Sebenarnya

Makna Jadwal Imsakiyah Sebenarnya

Hari ini tepat kita semua sudah menjalankan ibadah puasa, di hari ke-9 ramadhan. Untuk beberapa wilayah juga tentunya memiliki waktu berbeda, terutama jika membicarakan jadwal imsakiyah. Bahkan bukan hanya jadwal imsakiyah saja, untuk mengetahui waktu berbuka, sahur dan juga sholat 5 waktu merupakan hal yang terpenting terutama saat bulan ramadhan saat ini.

Tentunya hal ini juga memiliki tujuan, agar dapat menikmati makanan sahur, waktu berbuka dan juga beribadah yang tepat waktu dan tidak terlambat terutama terburu-buru. Namun bukan hanya sebagai batasan dari waktu saja, imsak sendiri merupakan waktu untuk anda menahan makan dan juga minum hingga waktu yang telah ditentukan. Waktu imsak ini tentunya dibuat dengan hati-hati oleh para ulama, untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Tentunya dengan adanya waktu atau jadwal imsakiyah, dalam hal ini sudah ditetapkan 10 menit dari waktu yang ada, sebelum adzan subuh berkumandang. Dalam hal ini diharuskan untuk umat muslim berhati-hati, dan mengetahui jadwal imsakiyah yang dimiliki di kotanya dengan benar.

Dengan adanya jadwal imsakiyah sendiri, tentunya hal ini memiliki tujuan tersendiri dan umumnya dijadikan sebagai pengingat. Pengingat ini dilakukan untuk menjadikannya pengingat, atau bersiap-siap saat makan sahur sebelum datangnya adzan subuh yang di kumandangkan. Tentunya memiliki tujuan agar orang-orang yang belum menyelesaikan makanannya, tidak terburu-buru dengan waktu dari imsak.

Biasanya waktu imsak ini juga berkisar antara 10 menit, dengan adzan subuh yang akan berkumandang. Namun hingga saat ini, banyak pandangan banyak orang yang salah mengira dengan jadwal imsakiyah. Imsak sendiri bukan perintah atau pengingat, untuk anda diharuskan menyelesaikan makan sahur yang anda lakukan.

Namun dalam hal ini, jadwal imsakiyah sendiri dibuat untuk dijadikan pengingat, bahwa waktu sahur sebentar lagi akan selesai dengan 10 menit kedatangan dari adzan subuh yang akan berkumandang. Jadwal imsakiyah bukan merupakan jadwal, dimana anda harus menyelesaikan sahur yang anda miliki.

Banyak ulama yang mengatakan, bahwa imsak sendiri adalah salah satu kata persamaan yang berasal dari kata puasa. Tentunya hal ini didasarkan dari hadis kitab fiqih, yang mana menyebutkan bahwa imsak merupakan nama lain dari puasa. Puasa sendiri memiliki tiga nama yang mewakilkannya, seperti salah satunya imsak yang memiliki arti menahan.

Imsak sendiri bukan waktu dimana anda sudah tidak diperbolehkan dalam mengkonsumsi makan sahur, namun imsak sendiri memiliki waktu yang sama dengan adzan subuh. Maka jika imsak dimaksudkan dengan peringatan, maka alangkah lebih baiknya jika menggunakan bahasa tanbihun yang mana memiliki arti sebagai peringatan. Akan terbilang kurang tepat jika menggunakan kata imsak atau istilah dari jadwal imsakiyah, untuk mengartikannya sebagai menahan. Anda dapat menahan atau melakukan puasa, ketika adzan subuh telah tiba atau berkumandang.

Itulah beberapa pengertian yang mana membahas tentang jadwal imsakiyah. Dalam hal ini banyak orang yang masih mengira bahwa jadwal imsakiyah, merupakan jadwal dimana anda sudah mulai harus berpuasa padahal hal ini kurang tepat. Jadwal imsakiyah sendiri dibuat, hanya untuk menandakan bahwa sebentar lagi adzan subuh akan berkumandang dan anda dapat bersiap-siap untuk mengakhiri makanan juga minum sahur yang anda lakukan.

Semoga hal ini dapat menjadi salah satu pelajaran untuk anda, agar dapat memahami lebih dalam makna dari jadwal imsakiyah sendiri. Anda dapat mengetahui dengan mudah kapan jadwal imsakiyah di kota tempat anda tinggal.

shares