Tips Ajarkan Kemandirian pada Anak sejak Kecil

Tips Ajarkan Kemandirian pada Anak sejak Kecil

Kemandirian menjadi hal penting untuk diperhatikan para orang tua dalam pelaksanaan parenting yang baik. Kemandirian anak sebenarnya sudah berkembang dari kecil dan orang tua bisa melakukan hal-hal yang mendukung agar kemandirian anak berkembang secara optimal.

  1. Biarkan Anak Bereksplorasi

Sebagai orang tua, tugas kita hanyalah mengawasi bukan mengekang apa yang dilakukan anak. Mungkin ada rasa khawatir ketika kita melepaskan anak beraktivitas sesuai dengan apa yang diinginkan. Tapi, kekhawatiran ini seharusnya bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk memberikan kesempatan pada anak untuk bereksplor.

Ketika anak ingin bermain, maka biarkanlah mereka bermain asal tetap dalam pengawasan. Biarkan anak melakukan aktivitasnya sendiri, seperti makan, berganti baju, minum atau aktivitas lainnya. Selagi aktivitas tersebut tidak membahayakan, maka tidak menjadi masalah karena jutsru bisa mengajarkan kemandirian pada anak.

  1. Berikan Arahan dan Minimalkan Bantuan

Banyak orang tua yang merasa direpotkan ketika anak mereka melakukan aktivitasnya sendiri, seperti saat makan. Orang tua lebih sering memilih untuk menyuapi mereka karena tidak ingin meja makan atau tempat makannya berantakan karena si kecil yang ingin makan sendiri. Parenting ini sebenarnya tidak baik untuk kemandirian anak.

Membantu anak memang boleh, tapi selagi mereka bisa melakukannya sendiri, cukup berikan arahan kepada anak dan meminimalkan bantuan. Hal ini mungkin akan memberikan pekerjaan tambahan bagi para orang tua karena harus membereskan maianan, makanan, atau lainnya tapi hal ini baik untuk kemandirian anak.

  1. Berikan Award ketika Anak Melakukan Hal-hal dengan Mandiri

Memang sudah seharusnya jika perilaku baik anak diberikan award agar mereka lebih termotivasi dalam melakukannya. Apabila anak bisa menunjukkan kemandiriannya, seperti menggunakan baju sendiri, maka berikan award kepada mereka. Award tidak selalu dalam bentuk uang atau barang, melainkan bisa berupa sanjungan atau pujian.

Dengan memberikan pujian atau apresiasi kepada anak, mereka akan tahu bahwa kemandirian adalah hal yang baik yang harus selalu diterapkan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika pemberian award ini juga disertai dengan penjelasan bahwa apa yang dilakukan itu adalah hal baik dan harus dipertahankan.

  1. Buatlah Project Kemandirian Anak

Hal ini jarang dipikirkan oleh para orang tua karena mereka sudah sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Sebenarnya, kita bisa membentuk kemandirian pada anak dengan melakukan project kecil sesuai dengan usia anak untuk melatih kemandiriannya.

Misalnya saja, kita meminta bantuan pada anak untuk membelikan beberapa barang di minimarket. List barang yang ingin dibeli bisa Anda berikan berupa gambar dan ajarkan kepada anak untuk bertanya jika mereka kebingungan atau tidak bisa mengambilnya dan Anda bisa mengawasi mereka dari belakang.

Penerapan parenting zaman sekarang sudah harus lebih berkembang dan kreatif agar anak memiliki berlatih mandiri sejak kecil. Banyak hal yang harus dipelajari orang tua dalam menerapkan nilai-nilai baik ini dan Anda bisa mendapatkan informasinya di orami.co.id.

shares