Pentingnya Vitamin Hamil yang Harus Dikonsumsi Oleh Calon Ibu

Pentingnya Vitamin Hamil yang Harus Dikonsumsi Oleh Calon Ibu

Vitamin untuk Ibu hamil sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Idealnya, mengkonsumsi vitamin hamil minimal 3 bulan sebelum kehamilan. Oleh sebab itu ketika merencanakan kehamilan maka sudah mulai mengkonsumsi vitamin. Kebutuhan vitamin sangat penting, karena makanan yang ibu konsumsi tidak memenuhi vitamin yang kita butuhkan. Jika kekurangan salah satu vitamin, misal saja asam folat maka bisa menyebabkan cacat tabung saraf.

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan memenuhi vitamin, di antaranya adalah mampu mengurangi mual. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang biasa mengkonsumsi vitamin sebelum hamil hingga hamil maka akan sedikit mengalami mual dan muntah.

Manfaat kedua adalah vitamin mampu menurunkan resiko cacat lahir. Bayi yang kekurangan asam folat maka bisa berakibat cacat pada bayi. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk ibu agar selalu memenuhi nutrisi tubuhnya. Bagi yang saat ini sedang merencanakan kehamilan, maka sangat disarankan mengkonsumsi vitamin. Karena mampu meningkatkan kesuburan, juga memastikan bayi sehat.

Namun untuk mendapatkan vitamin kita tidak boleh sembarangan, ada beberapa tips di bawah ini dalam memilih vitamin untuk ibu hamil :

  1. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Orang yang hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibanding biasanya. Porsi sebelum dan ketika hamil sangat berbeda. Nutrisi memiliki peranan penting untuk melengkapi nutrisi. Namun sesuaikan dengan kebutuhan saja. Jika seorang ibu hamil jarang mengkonsumsi ikan maka bisa mendapatkan suplemen omega 3.

  1. Sebelum membeli perhatikan dahulu kandungan yang ada di dalam vitamin

Ibu hamil harus memperhatikan dan mencermati dengan seksama kandungan yang ada di dalam suplemen yang akan dikonsumsi. Ketahui kandungan di dalamnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Jika ada kandungan yang tidak diketahui maka bisa bertanya kepada apoteker.

Penting juga mengetahui bahwa tidak semua suplemen bagus untuk kehamilan, oleh sebab itu anda sebaiknya kepada dokter kandungan anda.

  1. Memperhatikan efek samping yang bisa saja ditimbulkan

Sebelum mengkonsumsi vitamin anda juga harus memperhatikan efek samping apa saja yang bisa terjadi. Jika anda kekurangan mengkonsumsi folat maka anak bisa saja lahir cacat. Jika anda kelebihan mengkonsumsi folat maka menyebabkan anak lahir dengan autism. Oleh sebab itu selalu konsultasi dengan dokter kandungan.

Sangat disarankan untuk anda selalu berkonsultasi kepada dokter sebelum melakukan sesuatu hal yang berkaitan dengan kehamilan anda. Begitu juga dalam memilih suplemen atau vitamin anda harus berkonsultasi terlebih dahulu. Sehingga anda tidak akan menyesal jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Berikut ini merupakan vitamin-vitamin yang harus ibu hamil penuhi. Dengan memenuhi vitamin ini maka bayi akan lahir dengan sehat dan selamat :

  • Vitamin D

Merupakan vitamin yang harus dipenuhi oleh ibu hamil untuk membantu menyerap kalsium dengan baik. Dimana kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga mendukung perkembangan organ dalam lainnya seperti jantung, otot dan saraf bayi.

Dalam masa kehamilan ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kalsium 5 mcg atau setara 600 IU perhari. Mengkonsumsi vitamin D ini tidak boleh lebih dari 4000 IU. Ada banyak makanan yang bisa anda konsumsi untuk vitamin D, di antaranya ada ikan cod, susu, tahu, kedelai dan yogurt.

  • Vitamin C

Merupakan vitamin yang memiliki fungsi untuk perkembangan otak dan mental. Vitamin ini memiliki peran dalam menyerap zat besi, serta menjaga memori janin. Selain itu vitamin ini berfungsi untuk mendistribusikan sari-sari makanan untuk janin dan pertumbuhan plasenta.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk memenuhi vitamin C sebanyak 80 hingga 85 mg. Adapun makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, lemon, kacang polong, stroberi dan masih banyak lagi lainnya.

  • Asam Folat

Asam Folat merupakan vitamin B9, yaitu jenis vitamin yang sangat penting untuk ibu hamil. Dengan mengkonsumsi vitamin ini maka mampu mencegah terjadinya cacat otak dan tulang belakang.

Vitamin lainnya yang harus dikonsumsi adalah vitamin E, vitamin A, vitamin K dan vitamin H. Konsumsi semua nutrisi ini dengan seimbang setiap hari.

shares