Cara Mencuci Mobil yang Benar

Cara Mencuci Mobil yang Benar Pada Bagian Luar & Bagian Dalam

Bagi anda yang memiliki mobil pribadi sudah harus paham bagiamana cara mencuci mobil yang benar, terlebih ketika kotoran tebal pada kendaraan roda empat ini tentu saja kurang enak dipandang. Bentuk & warna bagian luarnya menjadi tertutup keindahannya. Kotoran yang menempel pada mobil adalah hal yang lumrah karena kondisi jalan di luar rumah yang berdebu, banjir, ataupun berlumpur.

Teknik mencuci mobil dengan benar ternyata masih sedikit orang yang tahu & mengikutinya. Meskipun terlihat sepele hanya membubuhkan sabun dan air, ternyata banyak poin penting yang harus anda ketahui sehingga dapat menerapkan cara terbaik lebih hemat waktu dan mudah. Berikut adalah beberapa tips ketika mencuci mobil.

  1. Cara membersihkan bagian luar kendaraan

Carilah lokasi yang nyaman, luas dan mudah untuk mengalirkan air dari sumber. Tutup terlebih dahulu bagian jendela & pintunya sampai rapat. Langkah pertama untuk mencuci bagian badan mobil yaitu dengan menyemprotkan air secara merata ke seluruh bagian kendaraan selama kurang lebih 15 detik. Fungsinya adalah meluruhkan debu tebal yang menempel.

Apabila anda langsung menggosoknya maka ada kemungkinan butiran-butiran debu akan meninggalkan bekas goresan dan merusak cat mobil. Langkah kedua, menggunakan spon bersih dan mulai menggosok dari bagian atas (atap). Sebaiknya menggunakan pembersih yang memang khusus untuk kendaraan. Ada juga beberapa jenis detergen maupun wax yang bisa digunakan.

Setelah sabun disapukan merata ke seluruh bagian luar mobil, anda bisa mulai membilasnya hingga bersih. Pastikan semua sabun tersebut tidak tertinggal karena mengandung bahan kimia yang bisa mengancam cat kendaraan. Langkah terakhir adalah menggunakan lap untuk menghilangkan sisa-sisa airnya. Gunakan lap khusus yang bersih, tidak berbulu, dan halus.

  1. Membersihkan bagian interior kendaraan

Jenis noda yang ada di bagian dalam biasanya seperti noda makanan & minuman, telapak tangan, serta sepatu. Cara pencucian bagian dalam tentu tidak membutuhkan banyak air seperti halnya sisi eksterior mobil. Anda perlu mengontrol penggunaan air dan sabun. Sebisa mungkin hindari penggunaan zat pemutih.

Tuang air pada semprotan kecil kemudian usapkan sabun secukupnya. Selanjutnya bilas menggunakan percikan air dan  bersihkan sisanya dengan spon atau lap khusus. Saat mencuci bagian interior mobil pastikan pintu terbuka agar proses aliran udara yang menguap lebih lancar.

  1. Mencuci bagian mesin kendaraan

Mesin merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan, anda perlu berhati-hati agar proses mencuci tidak menimbulkan kerusakan fatal. Perhatikan bagian mesin yang tidak boleh terkena guyuran air contohnya kabel, sensor, sampai accu. Atur kapasitas air agar tidak terlalu deras karena bisa membuat mesin mati atau macet.

Bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan tempelan minyak atau lemak di area mesin yaitu sabun untuk mencuci mobil atau minyak tanah.

  1. Ban mobil

Diantara semua bagian kendaraan, ban adalah komponen paling rentan terkena kotoran. Ada bagian-bagian ban yang perlu diberi penanganan khusus misalnya rim berwarna sebaiknya dibersihkan dengan sabun yang dianjurkan. Sementara mobil dengan tipe rim logam dapat menggunakan sabun biasa. apabila beberapa noda menempel sulit dihilangkan, anda bisa menggunakan sikat berserabut.

Dari keempat penjelasan cara mencuci mobil dengan baik tersebut, dapat dikatakan bahwa membersihkan mobil memang membutuhkan tata cara yang benar.

Setiap komponen mobil tidak bisa dicuci dengan cara dan sabun yang sama karena bisa saja malah merusak mesin, warna, atau kursi jok penumpang. Pastikan sabun yang digunakan tidak mengandung senyawa yang bisa merusak kendaraan.

shares