Mari Mengenal Serba Serbi Dunia Edit Foto atau Digital Editing

Mari Mengenal Serba Serbi Dunia Edit Foto atau Digital Editing

Saat ini dunia digital editing tengah digandrungi banyak masyarakat tak terkecuali bisnis edit foto. Tapi tahukah anda apa yang dimaksud dengan editing photos? Editing photo merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengubah tampilan foto dengan menambahkan beberapa efek tertentu sesuai dengan keinginan dengan harapan mendapatkan hasil foto yang lebih baik.

Tujuan edit foto setiap orang berbeda-beda namun pada umumnya edit foto bertujuan untuk memperbaiki hasil foto agar terlihat lebih baik, misal menambahkan efek cerah pada foto yang gelap, menambah efek percantik pada foto Selfi agar wajah terlihat lebih mulus dan glowing, memotong beberapa objek yang tidak dinginkan dan lain-lain.

Selain itu edit foto juga bertujuan untuk memfokuskan pandangan orang terhadap subjek yang ingin anda tonjolkan. Dalam dunia ini tidak ada batasan atau aturan yang mengikat, semua orang bisa melakukan kegiatan ini tanpa terkecuali baik tua maupun muda. Dengan mengedit foto dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa puas pada pelakunya.

Kegiatan yang biasa dilakukan adalah crop, rotate, filter, mewarnai dengan brush atau pencil, menambahkan tulisan, menambahkan objek lain, menghapus atau menutupi beberapa objek tertentu dan masih banyak lagi.

Ada beberapa aplikasi dan software yang bisa anda gunakan untuk mengedit foto seperti Adobe Photoshop, Paint, Pixia, Photoscape, GIMP dan lain-lain, aplikasi tersebut dapat anda install secara gratis atau berbayar melalui store di perangkat elektronik Anda.

Editing foto bisa diterapkan untuk berbagai hal misal kebutuhan iklan, foto prewedding, foto wedding, foto traveling, foto grup, foto potret dan lain-lain. Oleh sebab itu saat ini banyak sekali orang yang membuka jasa digital editing baik perorangan maupun studio karena bisnis ini terlihat sangat menjanjikan.

Biasanya orang yang memiliki studio tidak hanya membuka jasa edit namun juga fotografi. Dengan adanya teknologi digital editing ini kita dapat dengan mudah memanipulasi sebuah foto seperti foto iklan di pantai.

Untuk menghemat biaya dan waktu biasanya fotografer menyarankan untuk mengambil sesi pemotretan di studio dengan latar belakang polos, setelah itu fotografer tersebut akan mengedit foto dengan menambahkan beberapa efek seperti efek CGI maka hasil foto akan terlihat seolah-olah sedang berada di pantai.

Selain itu, edit foto juga sangat bermanfaat untuk mempercantik foto prewedding. Anda bisa menambahkan beberapa efek seperti foto klasik, retro, sunset, menambah atau mengurangi ketajaman serta kecerahan foto atau mengganti background. Cara melakukannya sangat mudah bisa melalui PC atau ponsel anda.

Berikut tutorial edit foto prewedding di Photoshop agar foto menjadi lebih unik dan menarik.

  1. Buka aplikasi Photoshop anda, kemudian pilih new, setelah itu buka file yang berisi foto prewedding, pilih salah satu foto kemudian klik ok.
  2. Buat layer 1, kemudian pilih gradient tool untuk membuat efek gradasi warna.
  3. Kemudian klik baground copy, letakkan diatas layer 1.
  4. Untuk mendapatkan efek warna RGB dan ketajaman tertentu anda bisa mengklik Image > adjustments > color balance, atur sesuai kebutuhan > ok.
  5. Tambahkan layer mask pada foto kemudian beri gradasi warna, setelah itu pilih angel gradient. Agar foto terlihat lebih menarik ganti mode layer menjadi “overlay”.
  6. Jika ingin menambah bingkai pada foto anda bisa membuat layer 2, pilih select all > modify > contract > isi ukuran yang diinginkan. Kemudian klik select > invert. Tambahan warna pada bingkai atau model bingkai sesuai dengan keinginan.
  7. Save foto. Selesai

Kegiatan ini juga sangat bermanfaat digunakan pada foto traveling, terutama yang berlokasi pada bangunan-bangunan tua seperti kota lama. Efek saturasi dapat ditambahkan untuk mendapatkan feel time-travel seperti klasik dan vintage retro. Untuk foto potret kita bisa membuat foto hanya fokus terhadap subjek tertentu dengan cara membuat baground foto terlihat blur.

Setiap foto memiliki karakteristik yang berbeda sehingga membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda pula. Untuk itu kegiatan ini bermanfaat untuk menghidupkan jiwa pada foto agar terlihat lebih menarik, unik, dan cantik dari foto aslinya. Itulah tadi sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.

shares