Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Motor Baru

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Motor Baru, Pilih Kredit Atau Tunai?

Memiliki kendaraan pribadi menjadi keinginan semua orang. Terutama buat anda yang memiliki mobilitas tinggi atau ingin mencoba ojek online. Sepeda motor bisa mendukung semua kegiatan sehari-hari dan dijadikan lading rejeki anda. Ketika membeli motor baru ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Anda ingin membeli motor secara kredit atau tunai,

Saat ini membeli sepeda motor sangat mudah, banyak dealer yang menawarkan kredit motor dengan uang muka ringan. Namun supaya tidak tertipu dengan dealer tidak bertanggung jawab dan terlilit cicilan terlalu banyak, anda harus mempertimbangkan banyak hal. Berikut ini beberapa poin yang harus dipertimbangkan.

Kebutuhan Akan Sepeda Motor

Ketika memutuskan untuk membeli sepeda motor, harus disesuaikan kebutuhan. Jangan sampai anda membeli sepeda motor, yang tidak ada manfaatnya buat anda. Misalnya anda membutuhkan sepeda motor untuk antar jemput anak, membeli motor gede menjadi pilihan yang salah. Lebih baik membeli motor matic, yang aman bagi anak-anak.

Jika anda membutuhkan sepeda motor untuk touring, bisa membeli motor gede yang nyaman untuk touring. Begitu pula jika ingin membeli sepeda motor untuk ojek online. Jadi selalu sesuaikan dengan kebutuhan anda. Ini akan membuat pengeluaran uang lebih terealisasi dengan baik dan tidak sia-sia begitu saja.

Cek Kondisi Keuangan

Pilih jenis dan merk sepeda motor yang sesuai kondisi keuangan anda. Saat ini ada banyak jenis sepeda motor dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda. Jangan membeli motor yang harganya terlalu mahal dan tidak sesuai kemampuan anda. Hal ini akan membuat pengeluaran anda semakin membengkak.

Cara yang paling tepat dengan menyusun anggaran yang anda miliki. Lihat kemampuan keuangan anda, kemudian tentukan memilih untuk membeli sepeda motor secara kredit atau tunai. Pastikan dana yang dialokasikan tidak akan memberatkan anda dikemudian hari. Jika memilih membeli secara kredit, pastikan ada dana untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Anggaran Keuangan Di Masa Mendatang

Ketika memutuskan untuk membeli motor, jangan memikirkan anggaran pembeliannya saja. Tapi juga pikirkan anggaran keuangan di masa mendatang. Jangan sampai pembelian sepeda motor, akan mengganggu keuangan anda di masa depan. Dan akhirnya anda mengalami kesulitan keuangan dan harus berhutang terus menerus.

Susun anggaran dengan baik, cukupkan uang anda untuk membeli sepeda motor. Bila kondisi keuangan belum memungkinkan, anda bisa memilih membeli motor bekas dengan harga yang lebih murah. Dengan menyusun anggaran dengan tepat, anda bisa tahu kondisi keuangan. Bisa memutuskan untuk membeli kredit atau tunai.

Pertimbangan Kerugian dan Keuntungan

Jangan lupa untuk mempertimbangkan kerugian dan keuntungan dari membeli motor secara kredit atau tunai. Kedua jenis pembayaran ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  • Pembelian secara tunai

Jika anda memiliki sejumlah dana yang cukup, bisa membeli motor secara tunai. Sehingga anda tidak perlu memikirkan cicilan motor setiap bulannya. Namun anda harus mengeluarkan uang jumlah besar secara langsung. Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan keuangan, setelah membeli motor secara tunai.

  • Pembelian secara kredit

Buat anda yang tidak memiliki dana jumlah besar, pembelian secara kredit bisa menjadi pilihan yang tepat. Pembelian kredit juga memiliki kelebihan kekurangan. Kelebihannya anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Kekurangannya, anda harus menyiapkan dana cicilan setiap bulannya. Selain itu ada bunga yang harus dibayarkan.

Dengan mengetahui semua pertimbangan diatas, anda tahu cara pembelian mana yang harus dipilih. Apakah harus membeli motor secara tunai atau kredit. Apapun metode yang anda pilih, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Karena semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jangan memaksakan diri membeli motor yang tidak sesuai kemampuan. Karena akan mengganggu keuangan anda di kemudian hari. Apalagi sepeda motor bukan menjadi kebutuhan penting anda saat ini. Selalu alokasikan anggaran sesuai kebutuhan anda. Ini akan membuat keuangan anda tetap terjaga dengan baik.

Selain itu pilihlah dealer yang berkualitas dan bertanggungjawab. Yang akan membantu anda melakukan pembelian motor baru. Bila memutuskan membeli secara kredit, jangan lupa untuk melihat besaran bunga yang harus dibayarkan. Sekian, semoga bermanfaat.

shares