Apakah Payudara Besar artinya Hamil? Selalu Begitukah?

Apakah Payudara Besar artinya Hamil? Selalu Begitukah?

Memang betul jika saat hamil, payudara cenderung mengalami perubahan ukuran. Umumnya membesar karena mulai terisi oleh ASI. Tapi, apakah payudara besar artinya hamil itu sebuah keniscayaan? Rupanya tidak begitu. Ada sebab lain kenapa payudara bisa membesar. Untuk tahu lebih lanjut, silakan cek beberapa sebab berikut ini.

Gara-Gara Mengonsumsi Obat Tertentu

Ada alasan khusus kenapa seseorang mengonsumsi obat-obatan. Misalnya saat depresi, cemas, serta penuh dengan beban pikiran. Umumnya, ia akan mencari sandaran atau pelarian. Akhirnya mengonsumsi obat-obatan seperti antidepresan maupun antipsikotik. Wajarkah? Jika sesuai dengan anjuran dokter tidak masalah.

Namun efek sampingnya tetap ada. Biasanya dialami oleh perempuan yang mengonsumsi obat serupa. Salah satunya terjadi perubahan ukuran payudara menjadi lebih besar. Hal ini terjadi karena peningkatan produksi susu oleh hormon yang disebut dengan proklatin. Biasanya ada pada obat bernama risperdal.

Banyak Mengonsumsi Kafein

Alasan seseorang mengonsumsi kafein itu macam-macam. Mulai dari upaya untuk meningkatkan kreativitas, meningkatkan energi, serta agar bisa lebih tahan lama saat bekerja. Rupanya, di samping efek positif yang bisa dirasakan, ada pula efek lain yang cukup merugikan. Salah satunya menyebabkan rasa nyeri serta pembengkakan di bagian payudara.

Tentu tidak setiap payudara mengalami hal ini. Efek negatif ini sangat bisa dirasakan oleh payudara dengan jenis fibrokistik. Jenis tersebut dipengaruhi oleh tumbuhnya tumor jinak yang terdapat pada kelenjar susu. Jadi, jika Anda mengalami hal tersebut, mulai sekarang kurangi konsumsi kafein, ya. Misalnya teh, kopi, dan minuman lainnya yang serupa.

Gara-Gara Berat Badan Naik

Dengan adanya faktor ini, maka tidak melulu jika payudara besar artinya hamil. Pertumbuhan ukuran payudara bisa terjadi karena penumpukan lemak di area tersebut. Khususnya untuk perempuan dengan jenis payudara yang cukup lembek. Untuk Anda yang berpayudara lebih padat tentu lebih beruntung karena jaringan lemaknya sedikit.

Akibat Gigitan Serangga

Membesarnya ukuran payudara juga bisa terjadi karena digigit nyamuk, semut, serta serangga kecil lain. Bisa jadi binatang itu menggigit saat Anda tengah tertidur atau pas lengah. Akibatnya, gigitan itu bisa menimbulkan rasa gatal. Semakin digaruk, maka semakin membengkak pula ukuran payudara Anda.

Gara-Gara Minum Pil KB

Ini sih yang paling sering terjadi. Kata orang, saat cocok dengan pil KB, maka berat badan naik. Begitu pula dengan ukuran payudara. Rupanya tidak sesederhana itu. Secara umum, pil KB itu memiliki kandungan estrogen yang tinggi. Akibatnya, penambahan hormon di tubuh bisa meningkatkan cairan di sekitar payudara. Jadinya lebih besar dan sangat sensitif.

Jadi, tidak melulu payudara besar artinya hamil. Bisa jadi karena sebab-sebab di atas yang berpengaruh terhadap membesarnya payudara seseorang. Apabila memang karena hamil, cek secara berkala ke dokter ahli untuk mendapat keterangan lebih lanjut. Lalu sering-sering menyimak beragam artikel seputar ibu hamil lewat Orami agar bisa menambah wawasan.

shares