Rahasia Sukses Berikan MPASI Pertama untuk Si Kecil

Rahasia Sukses Berikan MPASI Pertama untuk Si Kecil

MPASI pertama bisa dibilang adalah hal penting untuk pertumbuhan si kecil. Namun seperti yang diketahui bahwa bukan perkara yang mudah untuk bisa melakukannya. Apalagi banyak anak kecil yang seringkali menjadi rewel karena proses yang satu ini. Untuk itulah, berikut akan dijelaskan rahasia sukses dalam melakukan pemberian MPASI untuk si kecil.

  1. Berikan Makanan dengan Sabar

Rahasia sukses pertama yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua adalah dengan memberikan makanan secara sabar. Soalnya kesalahan banyak orang tua selama ini adalah tidak sabaran dan seringkali terpancing emosi ketika mendampingi anak untuk MPASI. Soalnya tidak bisa dipungkiri juga bahwa anak seringkali rewel bahkan enggan untuk melakukan MPASI tersebut.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat kesabaran adalah hal mutlak yang dibutuhkan oleh para orang tua. Kesabaran ini bisa berbentuk tidak tergesa-gesa dalam memberikan makanan maupun menyuruh si kecil untuk cepat mengunyah. Berikan si kecil waktu yang cukup untuk mengenali makanannya, selain itu berikan kenyamanan juga untuk si kecil untuk lebih bisa menikmatinya.

  1. Variasikan Makanan

Masalah utama yang biasanya dihadapi oleh para orang tua ketika proses ini adalah anak yang enggan hingga anak yang merasa bosan. Solusinya adalah Anda bisa memvariasikan makanan yang diberikan pada si kecil. Variasi makanan ini sendiri bisa dilakukan dengan cara berganti-ganti menu makanan hingga metode makan yang juga bisa disesuaikan dengan selera si kecil.

  1. Hindari Gangguan

Rahasia sukses MPASI pertama yang berikutnya adalah dengan menghindari gangguan. Salah satu alasan yang membuat MPASI menjadi sulit dilakukan adalah banyaknya gangguan yang berada di sekitar si kecil. Gangguan inilah yang kemudian membuat si kecil menjadi tidak fokus makan. Hindari dengan mencarikan ruangan khusus yang membuat si kecil nyaman dan tenang.

  1. Coba Bangun Komunikasi dengan Anak

Membangun komunikasi pada anak yang sedang melakukan MPASI juga hal penting untuk suksesnya proses ini. Komunikasi itu sendiri bisa dilakukan dengan mengajak mengobrol hingga melakukan kontak mata pada si kecil. Proses komunikasi ini apabila dilakukan secara benar maka akan membuat si kecil mendapatkan perhatian dan proses MPASI juga bisa berjalan lancar.

  1. Kebersihan Penyiapan Makanan

Rahasia terakhir yang jangan sampai Anda lewatkan untuk tidak diketahui adalah kebersihan penyiapan makanan itu sendiri. Soalnya banyak kasus anak yang mengalami diare karena kebersihan penyiapan MPASI yang kurang baik. Anda bisa mencegahnya dengan selalu mencuci alat makan dnegan bersih dan jangan lupa untuk menyimpannya dalam suhu yang aman.

Jadi memberikan MPASI pertama yang terbilang sukses tentunya bukanlah hal yang mustahil lagi dilakukan. Berbagai tips yang sudah dijelaskan di atas pastinya bisa langsung dicoba untuk mewujudkannya. Sesuatu yang pastinya sangat berguna bagi para orang tua yang selama ini kesulitan dalam memberikan MPASi pada si kecil.

shares