Begini Cara Paling Benar Tentukan Concealer dan Foundation

Make-up memang banyak sekali jenisnya. Ada yang berfungsi sebagai perata warna kulit seperti foundation dan ada juga yang berfungsi untuk menutup kekurangan pada kulit wajah seperti concealer. Berikut cara paling benar untuk menentukan concealer dan foundation yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Well, simak baik-baik, ya!

Ketahui Terlebih Dahulu Jenis Kulit Anda

Kulit setiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki jenis normal, kering, atau berminyak. Jika Anda ingin memiliki foundation yang bagus, maka kenali terlebih dahulu jenis kulit Anda agar foundation yang Anda gunakan dapat membuat kulit wajah Anda terlihat lebih flawless.

Sama seperti foundation, dalam memilih concealer juga Anda perlu memperhatikan jenis kulit. Bagi Anda yang berjenis kulit kering, ada baiknya Anda menggunakan concealer yang lebih creamy. Lalu, untuk kulit berminyak sebaiknya menggunakan concealer yang padat supaya tidak mudah luntur ketika digunakan.

Cari Tahu Undertone Kulit Wajah Anda

Mencari tahu warna undertone kulit memang tidak mudah. Tapi ternyata untuk menentukan warna undertone, Anda hanya perlu melihat warna urat nadi Anda, lho! Jika urat nadi Anda berwarna biru, maka undertone Anda cool. Jika warna urat nadi Anda hijau, maka undertone Anda warm. Terakhir, jika urat nadi berwarna biru kehijauan, maka undertone Anda netral.

Bandingkan Beberapa Warna

Setelah Anda mengenali warna undertone kulit wajah Anda, tahap selanjutnya adalah memilih foundation yang mirip dengan warna undertone kulit Anda dan pilih concealer yang setingkat lebih cerah dari warna undertone kulit wajah Anda.

Hindari pemilihan foundation yang terlalu gelap atau terlalu terang di kulit wajah Anda. Pemilihan warna foundation yang tidak sesuai akan membuat wajah Anda terlihat belang. Selain itu, hindari pemilihan warna concealer yang terlalu cerah. Pemilihan concealer yang benar adalah satu tingkat lebih cerah dari warna foundation Anda.

Coba di Tempat yang Terang

Jika Anda ingin membeli make-up, khususnya foundation dan concealer, coba terlebih dahulu di bawah sinar matahari atau di bawah cahaya lampu yang normal (tidak terlalu remang atau tidak terlalu terang). Oleskan make-up yang ingin Anda beli di kulit Anda lalu periksa warnanya jika terkena cahaya.

Coba Langsung pada Wajah

Jika Anda berkunjung ke toko kosmetik, seringkali Anda mencoba make-up di tangan Anda. Padahal, hal ini kurang efektif karena warna kulit tangan Anda berbeda dengan warna kulit wajah. Maka dari itu, coba foundation dan concealer langsung pada wajah Anda agar tidak salah dalam memilih warna keduanya.

Pertama-tama, hapus terlebih dahulu make-up yang sedang Anda gunakan. Jika Anda hendak membeli foundation, oleskan sedikit foundation pada bagian pipi atau dagu. Jika Anda hendak membeli concealer, maka oleskan sedikit concealer pada bagian bawah area mata, karena pada umumnya concealer memang digunakan di bawah mata.

Perhatikan Tingkat Oksidasi

Tingkat oksidasi foundation dan concealer yang baik adalah tidak berubah warna ketika sudah lama dipakai. Pilih concealer dan foundation yang memiliki tingkat oksidasi rendah. Cara menentukan tingkat oksidasi, oleskan pada bagian pergelangan tangan Anda lalu tunggu hingga 15 menit. Perhatikan perubahan warnanya.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui cara yang paling benar untuk memilih concealer dan foundation yang bagus. Mudah sekali, bukan? Jangan sampai Anda salah memilih keduanya, ya! Pemilihan concealer dan foundation yang tepat akan membuat Anda terlihat lebih cantik dan menawan.

shares